Sinopsis Film "The Man with the Iron Heart" di Bioskop Trans TV

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 19 Mei 2022 10:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mantan perwira Angkatan Laut Jerman bergabung dengan Nazi dan merumuskan agenda genosida di Eropa.
tirto.id - Bioskop Trans TV malam ini, Kamis (18/5/2022), menayangkan sinema The Man with the Iron Heart. Film yang memiliki judul asli HHhH tersebut hadir pukul 23.30 WIB.

Cerita dalam film ini disadur dari novel karya Laurent Binet. Di dalamnya menceritakan mengenai kiprah Reinhard Heydrich dalam peperangan di Praha, Cekoslovakia pada Perang Dunia II.

Reinhard adalah pemimpin Nazi yang kejam dalam menghadapi musuhnya, dan dia pun menjadi target untuk dibunuh.

The Man with the Iron Heart mendapatkan arahan dari sutradara Cedric Jimenez. Para bintang yang bergabung antara lain Jason Clarke, Rosamund Pike, Jack O'Connell, Jack Reynor, Mia Wasikowska, dan Stephen Graham. Film ini dirilis tahun 2017 dengan durasi tayang tepat 2 jam.

Di situs IMDb, film tersebut bertengger di rating 6.4/10. Sementara itu, selama penayangannya secara global telah meraup pendapatan setidaknya 4,4 juta dolar AS.


Sinopsis film The Man with the Iron Heart

Film The Man with the Iron Heart berkisah tentang Reinhard Heydrich yang merupakan perwira Angkatan Laut Jerman. Dia dipecat dari kesatuannya setelah seorang gadis mengaku dihamilinya. Reinhard sangat frustrasi setelah itu karena karier militer yang sudah dibangunnya hancur dalam sekejap.

Suatu hari, dia menikahi Lina yang merupakan kader Partai Nazi. Semenjak itu, karier militer Reinhard mulai menanjak lagi setelah diperkenalkan dengan Heinrich Himmler. Himmler adalah pimpinan Nazi saat itu.

Reinhard diangkat sebagai perwira militer Nazi. Demi menunjukkan kesetiaannya, Reinhard tidak segan melakukan berbagai tindakan keji demi memuluskan tujuan Nazi menguasai dunia. Istrinya yang sangat mengagumi Hitler dan menganggap ras Arya paling unggul, mendukung penuh tindakan suaminya itu.

Reinhard ditempatkan di Praha, Cekoslovakia. Saat itu rakyat Praha tidak terlalu bisa berkutik dengan kedatangan Nazi di wilayah mereka. Di tengah tekanan tentara Nazi, mereka membuat gerakan bawah tanah yang beranggotakan pasukan gerilya dan menyusun rencana untuk membunuh Reinhard.

Upaya tersebut diwujudkan dengan meledakkan mobil Reinhard. Reinhard yang saat itu berada di dalamnya, hanya terluka parah. Lalu, Hitler pun datang menjenguknya di rumah sakit.

Reinhard rupanya tidak mampu bertahan dengan luka parahnya tersebut dan tewas. Namun, sebelumnya dia sempat memberikan drat rancangan untuk melakukan genosida kepada Hitler.

Alhasil, selepas tewasnya Reinhard, rakyat Praha berada dalam ancaman nyata terhadap aksi pembunuhan massal.

Benar saja, misi genosida yang diberi nama Holocaust digaungkan. Prajurit Nazi mulai membantai semua orang di luar rasnya, termasuk para pria di sebuah desa. Aksi genosida makin meluas.

Bagaimana rakyat dunia mengatasi aksi brutal Nazi?


Baca juga artikel terkait THE MAN WITH THE IRON HEART atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight