Sinopsis Film Panggonan Wingit yang Dibintangi Luna Maya

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 29 Nov 2023 09:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Film Panggonan Wingit yang dibintangi Luna Maya bakal tayang di bioskop. Berikut sinopsis dan video trailer film horor Indonesia ini.
tirto.id - Panggonan Wingit tercatat sebagai salah satu film bioskop terbaru dengan genre horor yang dinantikan penayangannya di Tanah Air. Film yang dibintangi Luna Maya ini dijadwalkan rilis pada 30 November 2023 di jaringan CGV serta bioskop lainnya.

Nama sutradara Guntur Soeharjanto tercatat berada di balik penggarapan sinema ini. Guntur sebelumnya telah menyutradarai beberapa film nasional seperti Tampan Tailor (2013), Argantara (2022), Backstage (2021), dan lainnya.

Panggonan Wingit menjadi karya horor pertama Guntur, yang mengusung nama aktris ternama Luna Maya, aktor Christian Sugiono dan Egi Fedly serta Bianca Hello.

Penulis skenario sinema yang terinspirasi dari kisah nyata ini adalah Riheam Junianti, dengan proses produksi dikerjakan oleh Hitmaker Studio dan Legacy Pictures.

Judul Panggonan Wingit sendiri diambil dari bahasa Jawa dengan makna rumah hantu. Merujuk IMDB, produksi film ini banyak melakukan proses syuting di Kota Semarang dan kawasan Lembang, Bandung.

Film horor Indonesia ini bercerita tentang sebuah hotel tua milik ayah Aina (Luna Maya) dan Fey (Bianca Hello), yang memiliki sebuah kamar misterius di lantai tiga gedungnya. Kamar itu terlarang untuk dimasuki oleh siapapun, dan dijuluki panggonan wingit.

Apabila ada yang berani membuka kamar di lantai tiga tersebut, maka sosok wanita gaib yang ternyata adalah penunggu gaib kamar itu akan meneror dan menghantuinya.

Seperti apa kisah mistis yang terjadi di hotel tua tersebut, simak lebih dahulu sinopsis film Panggonan Wingit ini.

Sinopsis Film Panggonan Wingit

Hotel Ambar Mangun yang berada di Kota Semarang, adalah peninggalan dari orang tua Aina (Luna Maya) dan Fey (Bianca Hello). Selama ini hotel tua itu dikelola oleh nenek dan kakek mereka yang bernama Suktini (Oce Permatasari) dan Garinto (Budi Ros).

Aina dan Fey kemudian pindah dari Jakarta ke Semarang untuk ikut mengurus hotel berlantai tiga tersebut. Semua berjalan normal sampai suatu malam Aina mendengar ada suara seorang wanita menangis di sebuah kamar yang berada di lantai tiga.

Penasaran, Aina membuka pintu kamar tersebut dan melihat sosok wanita berbaju putih sedang duduk membelakangi pintu. Aina tidak paham bahwa kamar tersebut selama ini terlarang untuk dibuka oleh siapapun karena menjadi panggonan wingit atau tempat berhantu.

Wanita misterius itu berkata “Telung dino, tengah wengi” atau bermakna tiga hari tengah malam.

Saat menceritakan kejadian yang ia alami ketika membuka pintu kamar di lantai tiga itu pada neneknya, Aina baru tahu bahwa kini keselamatannya sedang terancam.

Makna kata tiga hari tengah malam yang diucapkan oleh sosok wanita gaib di kamar lantai tiga itu adalah, orang yang membuka pintu kamar akan mati dengan cara dikuliti tiga hari kemudian.

Aina ketakutan dan meminta tolong pada Ardo (Christian Sugiono), Fey, Suktini, dan Garinto agar bisa terlepas dari kutukan panggonan wingit.

Mengapa sosok wanita gaib di kamar lantai tiga selalu membunuh orang yang membuka kamar tersebut dengan cara menguliti mereka? Ternyata ada rahasia masa lalu yang tidak diketahui oleh Aina mengenai hotel keluarga itu.

Apakah Aina bisa selamat dari kutukan dan bagaimana cerita selengkapnya, nantikan rilis film Panggonan Wingit di jaringan bioskop CGV pada 30 November 2023 mendatang.

Trailer Film Panggonan Wingit



Baca juga artikel terkait FILM BIOSKOP atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Film)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Yantina Debora

DarkLight