Bioskop Trans TV Malam Ini

Sinopsis Film Oldboy di Trans TV: Terkurung 20 Tahun Tanpa Sebab

Kontributor: Cicik Novita - 29 Jun 2021 13:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Film Oldboy adalah versi remake dari film Korea berjudul sama yang diproduksi tahun 2003.
tirto.id - Film Oldboy yang dirilis 27 November 2013 adalah versi remake dari film Korea berjudul sama yang diproduksi tahun 2003. Film ini akan tayang di Bioskop Trans TV hari Selasa tanggal 29 Juni 2021 pukul 23.30 WIB jika tidak ada perubahan jadwal tayang.

Sutradara yang menggarap film Oldboy versi Amerika ini adalah Spike Lee, sedangkan penulis skenarionya dipercayakan kepada Mark Protosevich. Produksi dilakukan oleh perusahaan FilmDistrict. Oldboy awalnya adalah judul sebuah manga Jepang yang difilmkan pertama kali oleh sutradara Park Chan-wook.

Berdurasi 104 menit, film dengan genre drama aksi misteri ini mendapatkan laba kotor pada pemutaran globalnya sebesar 5,1 juta dolar AS, merujuk Box Office Movie. Sementara laman IMDb memberi rating untuk Oldboy sebesar 5,6 dari 10 poin berdasarkan 70.758 penilai.

Berkisah tentang pria yang dikurung dalam ruang kedap suara selama 20 tahun tanpa tahu sebabnya, film ini dibintangi oleh Josh Brolin (Joe Doucett), Elizabeth Olsen (Mia Doucett), Samuel L Jackson (Chaney Michael), Sharlto Copley (Adrian Doyle), dan lainnya.

Sinopsis Film Oldboy

Mengambil setting tahun 1993, Joe Doucett yang bekerja di bidang periklanan mabuk di kantornya setelah menenggak minuman beralkohol. Sang istri menelepon dan meminta Joe untuk pulang cepat karena putri mereka, Mia, berulang tahun yang ke 3.
Lantaran masih dalam pengaruh minuman keras, Joe justru marah dan menolak pulang. Ia tetap di kantor hingga larut malam. Tertatih-tatih, Joe yang sudah setengah sadar akhirnya berjalan pulang. Di jalan ia membeli mainan untuk hadiah bagi putrinya.

Bukannya pulang, Joe malah ke bar milik Chucky untuk kembali minum bir. Chucky tak mau membuka pintu bar yang sudah tutup sebab Joe tampak sangat mabuk. Joe pun kembali melangkah pulang.

Namun saat Chucky yang merasa bersalah hendak berlari memanggil Joe agar mampir, ternyata Joe sudah menghilang. Yang tersisa hanya mainan buat putrinya tergeletak di jalanan.

Saat sadar dari kondisi mabuknya, Joe menemukan dirinya berada dalam sebuah kamar tanpa jendela, berisi sebuah tempat tidur saja. Pintu baja yang kedap suara membuat Joe tak bisa mendengar apapun dari luar.

Joe hanya bisa melihat televisi yang menyiarkan acara tertentu, makan dari pemberian orang misterius yang diselipkan pada sebuah lubang kecil di pintu, minum minuman keras yang diberikan, dan ditemani seekor tikus putih kecil yang ia ajak bicara saat stres.


Dalam kondisi dikurung berhari-hari tanpa tahu apa salahnya, Joe mulai sedikit gila. Suatu hari, ia melihat berita di TV bahwa istrinya telah dibunuh dan tersangkanya adalah Joe. Sebuah linggis bersidik jari miliknya ditemukan di tempat kejadian perkara. Joe tentu saja kaget karena ia telah difitnah melakukan kejahatan.

Tak bisa melakukan apapun, Joe akhirnya mulai pasrah. Ia beberapa kali berusaha memberontak namun tak bisa keluar dari ruangan tersebut.

Mia anak perempuan Joe diadopsi oleh orang lain, dan tumbuh menjadi pemusik. Joe tahu hal itu karena melihat dari tayangan televisi. 20 tahun berlalu, Joe melihat anak perempuannya tumbuh jadi wanita dewasa yang pandai. Tekad Joe untuk kabur makin besar. Ia berusaha menjebol tembok kamar mandi.

Saat sudah hampir lolos, ia tiba-tiba pingsan karena dipukul. Bangun-bangun Joe berada dalam sebuah kotak di tengah lapang. Badannya sudah bersih dan ia menemukan sebuah ponsel di dekatnya. Siapa yang melakukan hal itu, Joe pun tak tahu.

Penasaran, Joe mulai berlari mencari tahu dan masuk ke desa terdekat disana. Ia bertemu Marie Sebastian (Elizabeth Olsen) seorang perawat cantik dan mendapat kartu namanya.

Joe pun mencari Chucky temannya 20 tahun lalu, dan berhasil bertemu. Ia menceritakan semua hal yang ia alami 20 tahun terakhir, dan bertekad menemukan siapa pelaku yang sudah mengurungnya selama 20 tahun dan apa alasannya.

Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM OLDBOY atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Film)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight