Sinopsis Film Minari yang Masuk 6 Nominasi Oscar 2021

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 17 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Minari: berlatar tahun 1980-an, film ini mengisahkan keluarga Korea yang memburu mimpi Amerika.
tirto.id - Film Minari membuat kejutan di Oscar 2021 dengan meraih 6 nominasi, termasuk di kategori Film Terbaik. Bahkan, pemain utamanya yakni Steven Yeun mencetak sejarah di ajang ini sebagai orang Asia Amerika pertama yang dinominasikan di kategori aktor terbaik.

Berlatar tahun 1980-an, Minari mengisahkan keluarga Korea yang memburu mimpi Amerika. Demi mewujudkan keinginan memiliki tanah, Jacob Yi (Steven Yeun) memindahkan keluarga Korea Amerikanya dari California ke Arkansas.

Jacob Yi dan sang istri, Monika, merupakan pasangan yang memiliki karakter berbeda. Yi adalah seorang yang ambisius, sedangkan Monica memiliki sifat skeptis.

Jalan yang mereka hadapi di Arkansas tidaklah mulus. Menanam dan menjual buah-buahan serta sayur-sayuran Korea di atas lahan seluas 50 hektar, adalah perkara yang sulit.

Namun, Yi tidak menyerah meski harus berhadapan dengan berbagai kendala. Kondisi pun berubah setelah kedatangan nenek mereka yang meski kerap bicara tidak mengenakkan, sebenarnya penuh cinta.


Sejumlah review menyebutkan bahwa Minari mendefinisikaan arti rumah yang sebenarnya serta apa artinya memiliki satu sama lain.

"Saya tak berpikir film seperti Minari dibuat sebelumnya dalam konteks ini di negara ini dan dalam kondisi ini," ujar Steven Yeun dalam wawancaranya dengan LA Times.

Selain Steven Yeun, film ini juga dibintangi oleh Alan S. Kim, Yeri Han, Noel Cho dan Scott Haze. Film ini ditulis serta diarahkan oleh Lee Isaac Chung.

Isaac sendiri adalah sosok yang mengidolakan Wong Kar-wai, Terrence Malik dan Akira Kurosawa.

Adapun Minari merupakan film panjang kelima garapan Isaac dan kisahnya terinspirasi oleh masa kecil sang sutradara.

Pengambilan gambar Minari memakan waktu 25 hari dan dilakukan di sekitar Tusla, Oklahoma. Dikutip dari A24films, Minari telah memenangkan Grand Jury Prize di Sundance Film Festival 2020 serta U.S Dramatic Audience Award di ajang yang sama.

Minari juga menang sebagai film berbahasa asing terbaik di Golden Globe. Dalam situs IMDB, film ini meraih rating 7.7, sedangkan di Rotten Tomatoes meraih skor penonton sebesar 91%. Berikut trailernya:


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Film)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Addi M Idhom
DarkLight