Sinopsis Film Jason Bourne: Pelarian Matt Damon dari Perburuan CIA

Oleh: Dhita Koesno - 22 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Jason Bourne mengisahkan Bourne yang kembali dalam pelarian tim pembunuh CIA.
tirto.id - Film Jason Bourne akan tayang dalam Big Movies GTV, Senin (22/2/2021) malam, pukul 21.00 WIB.

Jason Bourne adalah film aksi-thriller Amerika 2016 yang disutradarai oleh Paul Greengrass dan ditulis oleh Greengrass bersama Christopher Rouse.

Ini adalah angsuran kelima dari seri film Bourne dan sekuel langsung dari The Bourne Ultimatum (2007).

Matt Damon mengulangi perannya sebagai karakter utama, mantan pembunuh CIA Jason Bourne.

Selain itu, film ini dibintangi oleh Tommy Lee Jones, Alicia Vikander, Julia Stiles, Vincent Cassel, Riz Ahmed, Ato Essandoh dan Scott Shepherd.

Jason Bourne sendiri merupakan karakter judul dan protagonis dalam serangkaian novel serta adaptasi film berikutnya di mana karakter tersebut diciptakan oleh novelis Robert Ludlum.

Dia pertama kali muncul dalam novel The Bourne Identity (1980), yang diadaptasi untuk televisi pada tahun 1988.

Dalam Jason Bourne kali ini, plot ceritanya Bourne tetap dalam pelarian dari regu pembunuh CIA saat ia mencoba mengungkap kebenaran tersembunyi tentang ayahnya.

Sementara direktur CIA Robert Dewey (Jones) memerintahkan kepala keamanan siber Heather Lee (Vikander) untuk memburunya.

Jason Bourne tayang perdana di London pada 11 Juli 2016, dan secara teatrikal dirilis di Amerika Serikat oleh Universal Pictures pada 29 Juli 2016.

Film yang menerima tinjauan skor 54 persen dan 55 persen skor versi penonton di Rotten Tomatoes ini meraup $415,5 juta di seluruh dunia selama masa tayangnya.

Sementara situs IMDb memberikan skor 6,6/10 dari 209.231 penilaian.

Sinopsis Film Jason Bourne


Jason Bourne kembali diburu oleh CIA.

Perburuan ini dimulai ketika Nicky Parsons (Julia Stiles), mantan agen CIA yang membantu Bourne, yang berada di bawahnya, sekarang bekerja dengan seorang peniup peluit dan keluar untuk mengungkap operasi hitam CIA.

Nicky meretas CIA dan mengunduh semua yang ada di semua Operasi Hitam mereka, termasuk Treadstone tempat Bourne menjadi bagian darinya.

Heather Lee, seorang agen CIA, menemukan peretasan tersebut dan menyampaikannya kepada Direktur CIA Dewey, orang di balik operasi hitam tersebut.

Dia memerintahkan agar Parsons bisa ditemukan dan berharap Bourne juga bisa diketahui keberadaannya.

Sementara itu dalam prosesnya, Nicky menemukan dokumen tentang perekrutan Jason ke operasi Treadstone dan peran ayahnya Richard Webb (Gregg Henry) dalam program ini. Nicky pergi ke Athena untuk mencari dan memberi tahu Jason.

Di Yunani, Nicky dan Jason bertemu di Syntagma Square ketika terjadi demonstrasi anti-pemerintah yang ricuh dan anarkis.

Mereka menghindari tim CIA yang dikirim untuk menangkap mereka, tetapi Nicky ditembak oleh sang Aset (Vincent Cassel), mantan pembunuh dalam operasi Blackbriar.

Bagaimana cara Bourne menghindar dari perburuan CIA dan apakah ia bisa menyelesaikan semua misi yang telah direncanakannya?



------------------------

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Baca juga artikel terkait FILM JASON BOURNE atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Film)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight