Sinopsis Film India Jogi: 3 Sahabat Beda Agama Selamatkan Kota

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar, tirto.id - 22 Sep 2022 15:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Jogi (2022) film India tentang tiga sahabat yang berbeda agama untuk menyelamatkan ratusan orang di kota.
tirto.id - Netflix merilis film Bollywood original bertema isu sosial yang berjudul Jogi (2022) pada Jumat (16/09/2022). Berikut ini adalah sinopsis Jogi beserta link nontonnya di Netflix.

Film berdurasi 1 jam 56 menit ini mengisahkan tiga sahabat yang berbeda agama berusaha bersatu dalam upaya mulia nan berbahaya untuk menyelamatkan ratusan orang di kota mereka. Film ini berlatar di tengah ketegangan di India tahun 1980-an.

Film yang disutradarai oleh Ali Abbas Zafar dan ditulis naskahnya oleh Sukhmani Sadana dan Ali Abbas Zafar ini dibintangi oleh bintang-bintang Bollywood di antaranya yaitu Diljit Dosanjh, Amyra Dastur, Mohd. Zeeshan Ayyub, Hiten Tejwani, Apinderdeep Singh, Paresh Pahuja, dan Neelu Kohli.

Film Jogi diproduksi oleh AAZ Films dan didistribusikan secara resmi ke seluruh dunia oleh Netflix. Pada 30 Agustus 2022, trailer resmi film ini diunggah melalui kanal YouTube Netflix India. Hingga Sabtu (17/09/2022) trailer berdurasi 2 menit 12 detik itu telah ditonton sebanyak lebih dari 27 juta kali dan disukai oleh sekitar 74 ribu orang.

Dilansir dari IMDb, film Jogi mendapatkan rating 8.2/10 dari 1,5 ribu ulasan. Sementara dalam Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan skor audiens sebesar 91 persen.


Sinopsis Film Jogi (2022)


Film ini berlatar pada 3 hari mengenaskan di Delhi, India setelah pembunuhan Perdana Menteri Indira Gandhi pada 31 Oktober 1984. Pada hari pembunuhan, kehidupan berjalan seperti biasa. Jogi dan keluarganya masih bisa menikmati sarapan, namun beberapa jam kemudian Jogi dan ayahnya mendapatkan serangan di sebuah bis.

Film ini menunjukkan sebuah tragedi genosida yang berdampak pada kematian lebih dari 3000 orang. Banyak korban terlihat dibakar hidup-hidup, ditembak, hingga dipukuli. Bahkan wanita dan anak-anak pun tak luput jadi korban.

Dalam tragedi inilah harapan berada pada Jogi dan kedua temannya. Salah satu temannya adalah seorang muslim dan yang satu lagi adalah seorang hindu. Sutradara Ali Abbas Zafar dengan sangat apik menggambarkan persaudaaraan penuh toleransi antar agama dibalik sebuah tragedi mengenaskan yang kental akan isu sosial politik di India.

Salah satu momen ikonik dalam film ini adalah ketika Jogi yang merupakan seorang Sikh terpaksa memotong rambutnya demi bisa menyelamatkan orang-orang di kotanya. Meski terlihat sangat terpukul dan ragu-ragu, Jogi tetap memotong rambutnya sambil menangis tanpa suara.

Semua tragedi ini bermula dari seorang politikus lokal yang diperankan oleh Kumud Mishra. Ialah yang mendorong terjadinya pembantaian di kota tempat Jogi tinggal. Namun di tengah perannya sebagai antagonis di film tersebut, ia tetap ditampilkan memiliki sisi baik seperti manusia biasa ketika bermain bersama dan menemani anak perempuannya.

Lalu aksi dan pengorbanan apa lagi yang dilakukan Jogi dan kedua temannya demi menyelamatkan warga di kota? Kisah selengkapnya bisa disaksikan dengan menonton film Jogi (2022) di Netflix melalui link berikut ini.

Link Streaming Film Jogi (2022) di Netflix



Baca juga artikel terkait FILM INDIA atau tulisan menarik lainnya Muhammad Iqbal Iskandar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight