Sinopsis Film Forgotten: Misteri dalam Memori Orang Hilang Ingatan

Oleh: Jessica Amelia Hapsari - 4 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis film Forgotten: garapan sineas Korea Selatan ini menyodorkan kisah tentang misteri yang terpendam di memori orang hilang ingatan.
tirto.id - Forgotten adalah film psychological thriller garapan sineas Korea Selatan yang menyajikan cerita dengan alur sulit ditebak. Film ini mengisahkan kasus pembunuhan yang tersimpan dalam memori seseorang yang kehilangan ingatan.

Dibintangi oleh beberapa pemeran terkenal seperti Kang-Ha Neul, Kim-Mu Yeol, Na Young-hee, dan Moon Seung-Keun, film ini menyodorkan kisah misteri yang menarik.

Film besutan B.A Entertaiment ini disutradarai oleh Jang-Hang Jun dan tayang perdana pada tahun 2017 lalu. Hang-jun juga berperan sebagai penulis skenario dalam film ini.

Di Imdb, Forgotten mendapatkan rating sebesar 7,4/10 dari 18.953 penilai. Sedangkan dalam situs rottentomatoes, film berdurasi 108 menit ini memperoleh rating 82% dari audience score.

Sinopsis Forgotten

Kisah Forgotten bermula ketika Jin-Seok (Kang Ha-Neul), yang menderita penyakit neurasthenia kronis, pindah ke rumah baru bersama ayah, ibu, dan kakak laki-lakinya, Yoo-Seok (Kim Mu-yeol).

Mereka pindah ke rumah baru itu pada tahun 1997, saat Jin-Seok baru berusia 21 tahun. Waktu itu, ia juga sedang dalam masa kuliah.

Awalnya semua berjalan dengan mulus bagi Jin-Seok. Namun, situasi lalu menjadi aneh ketika ada beberapa kejanggalan mulai terjadi. Misalnya, bunyi-bunyian di kamar pojok yang selalu terkunci, mimpi tentang laki-laki menyeramkan, hingga kebiasaan aneh kakaknya yang kerap keluar kamar di malam hari.


Untuk memuaskan rasa penasarannya, Jin-Seok sengaja bangun malam agar dapat membuntuti sang kakak. Namun, kakaknya mengetahui hal tersebut.

Yoo-Seok sempat mengajak Jin-Seok berbincang sejenak di luar rumah. Ketika hendak kembali ke rumah, ternyata Yoo-Seok diculik oleh segerombolan lelaki yang menggunakan mini van hitam.

Penyelidikan polisi kemudian dilakukan atas kasus itu, tapi Yoo-Seok tak kunjung ditemukan. Kata polisi, mobil yang dikendarai oleh para penculik bukan kendaraan resmi di Korea.

Jin-Seok sempat pasrah akan semua kemungkinan yang terjadi. Namun, hal tidak terduga terjadi. Setelah 19 hari, Yoo-Seok kembali dengan sendirinya ke rumah. Tentu saja Jin-Seok senang dan menyambut kadatangan kakaknya dengan bahagia.

Akan tetapi, Jin-Seok kemudian mengetahui bahwa Yoo-Seok sering kali menghilang ketika tengah malam. Saat ditanya, Yoo-Seok selalu menjawab bahwa ia berada di rumah sepanjang hari seusai bekerja. Pernyataan itu pun membuat Jin-Seok merasa bingung.

Suatu malam, akhirnya Jin-Seok dapat membuntuti Yoo-Seok yang keluar rumah. Kecurigaannya terjawab. Saat berada di rumah Yoo-Seok berjalan pincang karena kakinya cedera. Sedangkan saat keluar rumah pada malah hari, ia mampu berjalan dengan normal.


Jin-Seok lalu mengikuti Yoo-Seok sampai menaiki taksi, serta menuju area pertokoan gelap yang tersembunyi. Jin-Seok menemukan hal ganjil di sana.

Sang kakak ternyata seorang bos preman. Sementara anak buah Yoo-Seok adalah para penyelidik yang menyamar ketika membantu pencarian usai ia diculik beberapa waktu sebelumnya.

Kenyataan ini membuat Jin-Seok terkejut. Maka, ia terus mengikuti kakaknya sampai lantai atas, di gedung pertokoan tadi. Sayangnya, ia ketahuan dan dikejar oleh anak buah Yoo-Seok. Jin-Seok sempat berusaha lari, tapi ia akhirnya tertangkap oleh Yoo-Seok dan kemudian dibius.

Ketika bangun, Jin-Seok sudah berada di tempat tidur. Yoo-Seok mengatakan bahwa yang Jin-Seok alami adalah mimpi dan akibat tidak meminum obatnya.

Belakangan, kecurigaan Jin-Seok menjadi nyata. Dia mengetahui bahwa ibu dan kakaknya selama ini bersengkongkol untuk menutupi kebenaran yang terjadi. Ia pun pergi dari rumah untuk melapor ke polisi.

Sesampainya di kantor polisi, terungkap kenyataan bahwa selama ini Jin-Seok mengalami amnesia disosiatif. Jin-Seok mengalami trauma dan terjebak dalam memorinya saat berusia 21 tahun.

Padahal, seharusnya kala itu adalah tahun 2017, saat Jin-Seok sudah berumur 41 tahun.

Bagaimana cerita selanjutnya? Siapakah Jin-Seok? Mengapa ia melupakan semua kenangannya di masa lalu? Tonton kelanjutan kisahnya dalam film Forgotten.

Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Jessica Amelia Hapsari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Jessica Amelia Hapsari
Penulis: Jessica Amelia Hapsari
Editor: Addi M Idhom
DarkLight