Sinopsis Film Evolution: Soal Penemuan Organisme dari Meteor Jatuh

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 18 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film Evolution berkisah tentang Wayne Gray (Seann William Scott), seorang petugas pemadam kebakaran yang berlatih di sebuah gubuk di gurun dekat Glen Canyon, Arizona, dan melihat sebuah meteor menabrak mobilnya lalu mendarat di sebuah gua.
tirto.id - Film Evolution adalah sebuah film fiksi ilmiah komik Amerika 2001 yang disutradarai oleh Ivan Reitman.

Film tersebut dibintangi oleh David Duchovny, Orlando Jones, Seann William Scott, Julianne Moore, dan Ted Levine.

Film Evolution berkisah tentang Wayne Gray (Seann William Scott), seorang petugas pemadam kebakaran yang berlatih di sebuah gubuk di gurun dekat Glen Canyon, Arizona, dan melihat sebuah meteor menabrak mobilnya lalu mendarat di sebuah gua.

Profesor Perguruan Tinggi Ira Kane (David Duchovny) dan koleganya, Profesor Harry Block (Orlando Jones) geologi, menyelidiki, mengambil sampel cairan biru aneh yang keluar dari meteor tersebut.

Ira menemukan bahwa ia menampung organisme berbasis nitrogen bersel tunggal ekstraterrestrial yang berkembang biak secara eksponensial, memadatkan jutaan tahun evolusi dalam hitungan jam.

Keesokan harinya, mereka mengambil kelas sains untuk mensurvei situs meteor dan menemukannya sudah dikelilingi oleh jamur pengubah oksigen yang berevolusi dan cacing pipih alien.

Ira dan Harry menemukan bahwa sel dan organisme bereproduksi dengan cepat melalui mitosis setelah melihat salah satu cacing pipih yang mereka kumpulkan dalam toples dibagi menjadi dua.

Segera, situs ditutup oleh Angkatan Darat, yang mendirikan pangkalan. Ira dan Harry membawa Jenderal Russell Woodman (Ted Levine) dan Dr. Allison Reed yang canggung ke pengadilan untuk mendapatkan hak untuk menjadi bagian dari penelitian penemuan mereka, tetapi upaya mereka gagal ketika terungkap bahwa Ira dikeluarkan dari tentara.

Setelah membuat vaksin antraks yang menyebabkan efek samping yang sangat melemahkan, yang oleh para tentara dijuluki "The Kane Madness".

Woodman mencuri penelitian Ira dan Harry, memaksa mereka menyusup ke markas untuk mendapatkan sampel lain; mereka menemukan hutan hujan alien yang penuh dengan kehidupan.

Mereka ditangkap oleh Allison ketika alien seperti nyamuk masuk ke dalam tubuh Harry; mereka dipaksa untuk mengusir nyamuk, yang kemudian mati.

Wayne tiba di kampus dan menunjukkan keduanya mayat alien amfibi yang membunuh seorang pemilik klub desa, sangat menyenangkan; mereka kemudian menyelidiki serangan binatang, menemukan alien seperti anjing mati di rumah seorang wanita dan lebih banyak cacing pipih yang mati.

Mereka menemukan lembah di belakang rumah yang dipenuhi alien seperti naga mati; Ira dan Harry berteori bahwa alien menyebar melalui gua-gua yang terhubung ke gua utama, tetapi tidak bisa menghirup oksigen.

Salah satu makhluk yang sekarat memuntahkan pod berisi bayi yang baru lahir, yang kemudian menetas menjadi makhluk asing yang toleran terhadap oksigen. Alien menyerang sebuah mal, di mana ia membawa pengutil sampai Ira, Harry, dan Wayne menembaknya.

Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat, film berdurasi 1 jam 41 menit ini berhasil meraih pendapatan sebesar 98,3 juta dolar Amerika Serikat (AS), di mana 60 juta AS di antaranya berasal dari penayangan secara internasional.

Melansir dari situs IMDb, Film Evolution memperoleh nilai 6,1 dari 10 sedangkan situs Rotten Tomatoes memberi skor 43 persen dan penonton 47 persen.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Film)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight