Sinopsis Divergent: Saat Manusia Dibagi 5 Faksi Sesuai Kebajikannya

Oleh: Dhita Koesno - 20 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Divergent menceritakan tentang masyarakat yang terbagi dalam 5 faksi sesuai kebajikan yang dilakukannya.
tirto.id - Divergent merupakan film aksi ilmiah distopia yang ceritanya terjadi di Chicago dystopian dan pasca-apokaliptik di mana orang-orang dibagi menjadi faksi yang berbeda berdasarkan kebajikan manusia.

Beatrice Prior diperingatkan bahwa dia Divergent dan karenanya tidak akan pernah cocok dengan salah satu faksi. Dia segera mengetahui bahwa plot jahat sedang terjadi dalam masyarakat yang tampaknya sempurna.

Divergent disutradarai oleh Neil Burger, berdasarkan novel 2011 dengan nama yang sama oleh Veronica Roth. Film ini adalah angsuran pertama dalam The Divergent Series dan diproduksi oleh Lucy Fisher, Pouya Shahbazian, dan Douglas Wick, dengan skenario oleh Evan Daugherty dan Vanessa Taylor.

Para bintang yang bermain di Divergent antara lain Shailene Woodley, Theo James, Ashley Judd, Jai Courtney, Ray Stevenson, Zoe Kravitz, Miles Teller, Tony Goldwyn, Ansel Elgort, Maggie Q, dan Kate Winslet.

Pengembangan Divergent dimulai pada Maret 2011 ketika Summit Entertainment mengambil hak film untuk novel tersebut dengan perusahaan produksi Douglas Wick dan Lucy Fisher, Red Wagon Entertainment.

Divergent dirilis pada 21 Maret 2014 di Amerika Serikat dengan durasi 140 menit. Film ini meraup 288,8 juta dolar AS di seluruh dunia dari anggaran 85 juta dolar AS. Sekuelnya, Insurgent, dirilis pada 20 Maret 2015 di Amerika Serikat dan negara lain.

Review aggregator Rotten Tomatoes memberi film Divergent rating persetujuan 41% berdasarkan 234 review, dengan rata-rata rating 5,4/ 10 dan skor penonton 6 persen, sementara situs IMDb memberikan skor 6,7/10.

Sinopsis Divergent


Dalam distopia futuristik, masyarakat dibagi menjadi lima faksi yang masing-masing mewakili kebajikan yang berbeda, remaja harus memutuskan apakah mereka ingin tetap di faksi mereka atau beralih ke faksi lain selama sisa hidup mereka.

Kelima faksi itu adalah Abnegasi yang tidak mementingkan diri sendiri, Dauntless untuk yang pemberani, Erudite bagi yang cerdas, Candor atau si jujur, dan Amity untuk perdamaian.

Beatrice/Tris Prior (Shailene Woodley) membuat pilihan yang mengejutkan semua orang, dia menemukan bahwa dirinya adalah Divergent (berbeda), oleh karena itu tidak cocok dengan satu faksi mana pun.

Kemudian Tris dan sesama anggota faksinya harus menjalani proses inisiasi yang sangat kompetitif untuk menjalani pilihan yang telah mereka buat.

Mereka harus menjalani tes fisik dan psikologis yang ekstrim, yang mengubah mereka semua. Tapi Tris punya rahasia bahwa dia Divergent, yang artinya dia tidak cocok dengan satu grup.

Jika ada yang tahu dan dia ditemukan, maka Tris akan dibunuh.

Saat dia menemukan konflik yang berkembang yang mengancam untuk mengungkap kelompoknya yang tampaknya damai, rahasia ini mungkin membantunya menyelamatkan orang-orang yang dia cintai, atau mungkin juga sebaliknya, justru akan menghancurkannya.



Baca juga artikel terkait SINOPSIS DIVERGENT atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Film)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight