Sinopsis "Avatar Movie" yang Akan Tayang di GTV Malam Ini

Oleh: Alifa Justisia - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Avatar Movie yang rilis pada 2009, akan kembali tayang malam ini pukul 21.00 WIB di di GTV.
tirto.id - Film bertema science fiction-fantasy, Avatar akan ditayangkan hari ini Selasa (12/2/2019) pukul 21.00 WIB di GTV.

Film yang disutradarai oleh James Cameron tersebut berdurasi sekitar 2 jam 42 menit. Avatar diperankan oleh beberapa artis papan atas seperti Sam Wothington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, Stephen Lang, dan lain-lain.

Melansir dari situs IMDb, Avatar dirilis pada 2009 dan telah menyabet berbagai penghargaan, salah satunya piala Oscar 2010 untuk kategori Best Achievement in Cinematography, Best Achievement in Visual Effects, dan Best Achievement in Art Direction.

Film berlatar tahun 2154, yang bercerita tentang sebuah misi oleh Angkatan Bersenjata AS ke sebuah bulan yang mirip bumi bernama Pandora.

Bulan tersebut adalah sumber yang kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan Bumi. Beberapa misi dari bumi pun dilakukan untuk mengambil mineral yang dinamakan Unobtainium itu.

Laman Rogerebert.com menuliskan, Pandora memiliki hutan planet yang dihuni secara damai oleh Na'vi, ras raksasa bertubuh ramping, bermata biru keemasan, dan mempunyai tinggi sekitar 12 kaki.

Karena keadaan Pandora yang tidak memungkinkan untuk manusia bertahan hidup, maka dibuatlah sebuah tiruan Na'vi yang tumbuh secara organik dan dikendalikan oleh pikiran manusia.

Mereka semua bertindak seperti avatar, dari cara melihat, cara merasakan sesuatu, bahkan memiliki kecakapan fisik yang sama.

Jake Sully (Sam Worthington), direkrut untuk berangkat ke Pandora setelah insiden saudara kembarnya mati.

Kembarannya itu telah didesain sebagai Avatar yang mahal, sehingga atas kematiannya, Sully harus menggantikannya.

Sebelumnya, ia adalah seorang veteran perang yang lumpuh. Ia dijanjikan akan disembuhkan kakinya atas ‘bayaran mahal’ nya dalam menjalankan misi.

The Guardian menuliskan, Sully mempunyai tugas yang dipimpin oleh Dr Grace Augustine (Sigourney Weaver), yaitu untuk mempelajari penduduk Na’vi, mengenal mereka, memahami bahasa eksotis mereka, dan secara krusial menciptakan pengendalian tubuh Na’vi dari jarak jauh.

Di Pandora, perjalanan Jake dimulai sebagai prajurit yang baik dan kemudian menjadi penduduk asli setelah hidupnya diselamatkan oleh Neytiri yang kuat dan berani (Zoe Saldana).

Masalah menjadi klimaks ketika pertempuran besar datang dan Jake menemukan dirinya berjuang untuk suku Na'vi.

Cameron mendapat pujian karena mampu menciptakan dunia yang secara digital menyatu cukup mulus dengan realitas biasa dengan cara yang tidak dapat diragukan lagi.

Film ini juga telah memenangkan penghargaan lainnya seperti Golden Globes 2010, BAFTA Award 2010, dan ASCAP Film and Television Music Awards 2010.


Baca juga artikel terkait SINOPSI FILM atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Film)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Yandri Daniel Damaledo