Sinopsis Automata, Film Soal Kehidupan Bumi di Masa Depan

Oleh: Erika Erilia - 2 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Automata bercerita tentang bumi di masa depan ketika manusia menciptakan robot untuk mempermudah kehidupan.
tirto.id - Bioskop Trans TV akan menghadirkan film Sci-Fi berjudul Automata malam ini. Film yang dibintangi Antonio Banderas tersebut bakal tayang pada Jumat (2/7/2021) pukul 23.30 WIB.

Automata bercerita tentang bumi di masa depan ketika manusia menciptakan robot untuk mempermudah kehidupan. Akan tetapi, robot-robot tersebut mulai menunjukkan tingkah laku janggal dan ada rahasia tersembunyi di balik perilaku mereka.

Automata merupakan film 2014 karya sutradara Gabe Ibáñez. Selain Antonio Banderas, film ini juga ikut dibintangi oleh Birgitte Hjort Sorensen, Dylan McDermott, dan Robert Forster.

Film berdurasi 109 menit ini mendapatkan rating 6,1/10 di IMDb. Sementara itu, situs Rotten Tomatoes memberikan nilai 31 persen dengan skor audiens 30 persen.

Sinopsis Film Automata



Kisah film ini bermula ketika terjadi fenomena ledakan di permukaan matahari atau biasa disebut solar flare. Bumi terkena dampak yang sangat parah, kejadian ini bahkan menewaskan 99 persen populasi dunia.

Orang-orang yang berhasil selamat akhirnya berkumpul di satu kota dan menciptakan robot humanoid bernama Pilgrim. Robot ini diciptakan untuk membantu kehidupan manusia, terutama untuk membangun dan beroperasi di lingkungan yang keras akibat bencana solar flare.

Pilgrim memiliki dua protokol tetap yang tak bisa diubah. Pertama adalah untuk membantu manusia, dan yang kedua adalah mereka tidak bisa memperbaiki diri sendiri.

Film ini kemudian berfokus pada tokoh Jacq Vaucan (Antonio Banderas), seorang agen asuransi dari perusahaan pembuat Pilgrim bernama ROC. Jacq menerima laporan dari seorang polisi bernama Wallace yang mengaku telah menembak robot yang memperbaiki dirinya sendiri dan terlihat hidup.

Keesokan harinya Jacq mengikuti robot yang ketahuan sedang mencuri beberapa komponen. Tapi ketika Jacq menemukannya sedang bersembunyi di balik tembok, robot itu tiba-tiba membakar dirinya sendiri.

Jacq kemudian mengambil inti otak robot tersebut untuk melakukan penyelidikan lebih jauh. Teman Jacq, Robert, juga mengatakan bahwa mungkin ada seseorang yang memodifikasi Pilgrim secara ilegal dan berhasil mengubah protokol kedua.

Bersama dengan Wallace, Jacq kemudian menemui robot bernama Cleo yang sudah dimodifikasi. Lewat Cleo, mereka akhirnya bertemu dengan seorang ahli robot bernama Dr. Dupre.

Tapi setelah memberikan informasi penting yang berguna bagi penyelidikan Jacq, Dr. Dupre tewas dibunuh.

Apa yang sebenarnya terjadi? Siapa dan apa tujuan robot-robot tersebut dimodifikasi? Saksikan cerita lengkapnya di film Automata hanya di bioskop Trans TV malam ini.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS AUTOMATA atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Film)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight