Bioskop Trans TV

Sinopsis 12 Strong: Chris Hemsworth Pimpin Pasukan di Afghanistan

Oleh: Dhita Koesno - 8 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film 12 Strong akan tayang di Bioskop Trans TV, Senin (8/3/2021) pukul 21.30 WIB.
tirto.id - Film 12 Strong akan tayang di Bioskop Trans TV, Senin (8/3/2021) pukul 21.30 WIB.

12 Strong (juga dikenal sebagai 12 Strong: The Declassified True Story of the Horse Soldiers) merupakan film perang aksi drama sejarah yang disutradarai oleh Nicolai Fuglsig dan ditulis oleh Ted Tally dan Peter Craig.

Film ini didasarkan pada buku non-fiksi Doug Stanton, Horse Soldiers, bercerita tentang Pasukan Khusus Angkatan Darat AS yang dikirim ke Afghanistan segera setelah serangan 11 September.

Plot film 12 Strong menceritakan kisah tentang tim Pasukan Khusus pertama yang dikerahkan ke Afghanistan setelah peristiwa 9/11, di bawah kepemimpinan kapten baru, tim harus bekerja dengan panglima perang Afghanistan untuk menjatuhkan Taliban.

Film ini dibintangi oleh Chris Hemsworth, Michael Shannon, Michael Peña, Navid Negahban, Trevante Rhodes, Geoff Stults, Thad Luckinbill, William Fichtner, dan Rob Riggle.

Fotografi utama film berdurasi 129 menit ini dimulai pada Januari 2017 di New Mexico. Sementara perilisannya dilakukan di Amerika Serikat pada 19 Januari 2018 oleh Warner Bros. Pictures, di bioskop standar dan IMAX.

12 Strong berhasil meraup 46,7 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada, dan 24,1 juta dolar AS di wilayah lain, dengan total 70,8 juta dolar AS selama masa tayangnya di seluruh dunia, dengan anggaran produksi 35 juta dolar AS.

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating persetujuan 51% berdasarkan 172 ulasan, dan rata-rata rating 5,5/10 dan skor versi penonton adalah 62%.

Sementara situs IMDb memberikan skor 6,6/10 berdasarkan 68.709 penilaian untuk film 12 Strong.

Sinopsis Film 12 Strong


Mitch Nelson (Chris Hemsworth), Kapten Angkatan Darat AS dengan Detasemen Operasi Baret Hijau Alpha (ODA) 595, pindah ke rumah baru bersama istri dan putrinya pada 11 September 2001 setelah menerima tugas sebagai staf di bawah pimpinan Kolonel Bowers (Rob Riggle).

Ketika berita tentang peristiwa 9/11 berhasil menghancurkan hari itu, Nelson dengan sukarela memimpin 595 orang ke Afghanistan.

Bowers awalnya menolak, tetapi tentara veteran CW5 Hal Spencer (Michael Shannon), yang sebelumnya dijadwalkan untuk pensiun, membujuk Bowers untuk memberikan Nelson komando 595 lagi, serta mengajukan diri untuk penempatan tersebut.

Setelah meninggalkan keluarga mereka, 595 melakukan perjalanan ke Uzbekistan pada 7 Oktober 2001.

Setelah diberi pengarahan dan dievaluasi oleh COL Mulholland (William Fichtner), Komandan Kelompok Pasukan Khusus ke-5, Nelson dan 595 dipilih untuk bertarung bersama pemimpin Aliansi Utara Abdul Rashid Dostum (Navid Negahban).

Enam dari 12 anggota, dipimpin oleh Nelson, pergi bersama Dostum ke pegunungan, sementara enam lainnya tetap di kamp berbenteng yang dijuluki "The Alamo" di bawah komando Spencer.

Dostum berusaha merebut kota Afghanistan utara, saat melawan pemimpin Taliban Mullah Razzan, yang memerintah komunitas lokal secara brutal di bawah hukum Syariah yang ketat, dan telah membunuh beberapa orang, termasuk keluarga Dostum.

Meskipun panglima perang awalnya skeptis terhadap kemampuan Nelson, Nelson secara bertahap mendapatkan rasa hormat dari Dostum.


------------------------

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Baca juga artikel terkait FILM BIOSKOP TRANS TV atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Film)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight