Simon McMenemy Pelatih Baru Timnas Indonesia, Gantikan Bima Sakti

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 20 Desember 2018
Eks pelatih Bhayangkara FC dan Timnas Filipina, Simon McMenemy resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Indonesia, menggantikan Bima Sakti.
tirto.id - PSSI menunjuk Simon McMenemy sebagai pelatih baru Timnas Indonesia, menggantikan peran Bima Sakti yang kontraknya habis pascaPiala AFF 2018. Simon mengarsiteki Timnas Indonesia selama dua tahun ke depan.

Keputusan ini diumumkan oleh PSSI lewat konferensi pers terbuka di Hoten Sultan, Kamis (20/12/2018). Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menyebut target Simon adalah membawa Indonesia melangkah di SEA Games.

"PSSI yang di dalamnya ada beberapa komite eksekutif telah menyetujui dan menetapkan beberapa pelatih timnas. Simon McMenemy akan jadi pelatih timnas senior," ungkapnya.

Kepastian ini sekaligus menjadi lanjutan atas pernyataan Simon yang telah memutuskan berpisah dengan Bhayangkara FC, klub yang dilatihnya selama dua tahun terakhir. Di klub tersebut, Simon merebut juara Liga 1 2017 dan peringkat tiga Liga 1 2018. Kontrak Simon setelah dua turnamen tersebut berakhir Desember ini, dan dia telah berpamitan dengan pihak klub.


Simon bahkan secara khusus mengucapkan salam perpisahan dengan Paulo Sergio, eks penggawa Bhayangkara FC yang baru saja hengkang ke Bali United.

"Tidak ada selain pujian untuk pemain ini. Pemain paling profesional yang pernah bekerja dengan saya. [Paulo] akan membuat perbedaan di mana pun ia bermain. Bangga berperan dalam kariermu. Terima kasih atas segala yang telah kamu berikan untukku selama di Bhayangkara FC," tulis Simon sambil mengunggah fotonya dengan Paulo.


Kedatangan Simon diharapkan dapat mendongkrak prestasi Indonesia yang kemarau baru-baru ini. Sejak ditinggal pelatih Luis Milla, di tangan Bima Sakti Tim Garuda angin-anginan. Evan Dimas dan kawan-kawan bahkan gagal lolos fase grup Piala AFF 2018.

Simon sendiri punya portofolio memadai di level Asean. Ia pernah membawa Timnas Filipina melaju hingga semifinal pada Piala AFF 2010.


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight