Siapa Faizal Assegaf yang Diduga Fitnah Menteri BUMN Erick Thohir?

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 30 Agu 2022 13:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Siapa Faizal Assegaf yang hendak dilaporkan Erick Thohir karena dugaan fitnah?
tirto.id - Faizal Assegaf akan dilaporkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir karena dugaan fitnah. Langkah Erick Thohir ini mendapar dukungan dari Balad Erick Thohir.

"Faizal Assegaf terang-terangan melakukan fitnah kejam terhadap Menteri BUMN Erick Thohir, karena narasi yang dia buat dan isi video yang diunggah sama sekali tidak nyambung," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Natsir Amir.

Menurut dia, Faizal tidak sepatutnya mengunggah video berisi narasi sesat soal ucapan pengacara Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J), Kamaruddin Simanjuntak tentang pengelolaan dana Taspen, apalagi Kamaruddin tidak spesifik menyebut nama Erick Thohir.


Selain itu, kata Natsir lagi, Faizal juga terlalu sering membuat cuitan yang tidak berdasar, sehingga menyinggung banyak pihak. Oleh karena itu, menurut Natsir, Balad Erick Thohir berharap Faizal mempertanggungjawabkan tindakannya tersebut di ranah hukum.

Natsir pun mengaku sepakat dengan pihak penerima kuasa Erick Thohir, yakni Ifdhal Kasim, Mahmuddin, dan Jamalul Kamal Farza untuk menjerat Fajzal dengan dugaan menyebar berita bohong.

Sebelumnya, Ifdhal telah mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8), untuk mengirimkan laporan itu.

"Faizal Assegaf telah melakukan fitnah keji atas klien kami Menteri BUMN Erick Thohir. Faizal mengunggah video ucapan dari pengacara Kamaruddin Simanjuntak berisi tudingan terhadap Dirut Taspen yang menurutnya mengelola dana capres Rp300 triliun," ujar Ifdhal.

Tindakan Faizal Assegaf itu, kata Ifdhal, bukanlah bentuk kebebasan berpendapat yang dilindungi oleh undang-undang dan konstitusi, melainkan secara jelas melanggar hukum pidana serta Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Siapa Faizal Assegaf?

Faizal Assegaf merupakan kritikus dan aktivis yang mengaku menjadi bagian pendiri Presidium Alumni 212. Faizal juga merupakan pimpinan atau ketua dari LSM Progres 98.

Faizal juga dikenal sebagai kritikus yang anti terhadap penguasa, baik pada saat masa pemerintahan SBY-Budiono maupun masa pemerintahan Jokowi-JK.


Faizal Assegaf pernah menjadi pembicara dalam diskusi bertema "Isu Kedatangan Habib Rizieq dan Potensi Gaduh di Tahun Politik" di Jakarta.

Dalam diskusi itu, Faizal cukup tegas dalam menyampaikan paparannya terkait isu kedatangan Rizieq ke Tanah Air. Faizal juga dikenal sering menulis di Kompasiana.

Faizal kerap memberikan kritik melalui media sosial Twitter dan Instagram. Melalui akun Instagram dan Twitter yang ia kelola secara pribadi, Faizal banyak mengkritik tokoh publik dan isu-isu yang sedang hangat.

Salah satu video yang ia unggah adalah tudingan yang ia layangkan kepada Erick Tohir melalui akun Instagram pribadinya @faizal.assegaf.


Baca juga artikel terkait FAIZAL ASSEGAF atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight