Serial Younger, Saat Wanita Setengah Baya Kembali "Muda" demi Kerja

Oleh: Oryza Aditama - 13 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Serial Younger (2015) berkisah tentang seorang wanita setengah baya yang berusaha kembali masuk ke dunia kerja, dengan cara memalsukan umur.
tirto.id - Film serial Younger coba memotret lika-liku wanita setengah baya untuk kembali masuk ke dunia kerja, dengan cara memalsukan umur. Serial bergenre drama komedi yang rilis perdana Maret 2015 ini sudah dapat ditonton melalui Mola TV.

Sulit dipungkiri faktor umur merupakan salah satu momok paling krusial bagi seseorang yang telah memasuki usia setengah baya, jika mereka hendak mengawali karir atau terjun ke dunia kerja bersama para generasi muda.

Orang-orang golongan ini dengan mudah akan dilabeli terlalu tua, tidak kapabel, ketinggalan jaman, kurang update, tidak mengikuti tren, dan semacamnya.

Poin-poin menarik yang tercipta akibat gap antara generasi setengah baya dan generasi muda inilah yang coba dibidik oleh sang kreator Darren Star lewat Younger.

Serial Younger sendiri sejatinya merupakan karya adaptasi dari novel berjudul sama yang terbit tahun 2005, karangan Pamela Redmond Satran.

Sementara itu, kisah yang mengangkat premis seseorang yang kembali muda atau sebaliknya, sebenarnya bukanlah hal yang baru.

Hollywood telah mengenal film 13 Going On 30 (2004) dan 17 Again (2009), di Korea ada Miss Granny (2014), lalu Jepang punya ReLIFE (2017). Sebelum itu, di Hong Kong aktor komedi Stephen Chow bahkan sudah pernah berperan sebagai polisi yang menyamar jadi siswa sekolah di film Fight Back To School (1991).

Nyaris semua film tersebut mengeksploitasi celah yang tercipta antara generasi tua dengan generasi yang lebih muda. Namun berbeda dengan deretan film di atas, Younger tidak menyertakan unsur miracle atau keajaiban.

Younger murni menggambarkan upaya seorang setengah baya yang berusaha tampil dan berlaku layaknya anak muda, nyaris serupa Fight Back To School (1991). Bedanya, Younger memiliki kemasan yang lebih serius, lantaran kisahnya berkaitan dengan karir dan dunia kerja.

“Dia tak membutuhkan mesin waktu, realisme magis, atau fenomena alam aneh untuk kembali ke usia 20-an. Liza menipu kalender dengan mengubah penampilannya, membuat SIM palsu, menghapus akun media sosial, serta menghapal anggota One Direction,” tulis New York Times dalam ulasan mereka.

Younger dibintangi oleh Sutton Foster sebagai Liza Miller sang tokoh utama. Kemudian terdapat penyanyi dan aktris Hilary Duff yang berperan sebagai rekan kerja Liza, Debi Mazar berperan sebagai sahabat Liza yang memberi ide untuk memalsukan umur, lalu Miriam Shor sebagai kepala divisi pemasaran alias atasan Liza di kantor.

Alur Serial Younger

Serial Younger berfokus kepada Liza Miller (Sutton Foster) seorang wanita berusia 40 tahun yang juga menjadi ibu tunggal bagi putrinya yang berusia remaja, Caitlin Miller (Tessa Albertson). Ibu dan anak ini hanya bisa berkomunikasi lewat telepon, lantaran Caitlin tengah menempuh pendidikan di India.

Status pernikahan Liza berakhir berantakan, lantaran sang suami kecanduan judi. Tanpa pekerjaan dan terbelit masalah ekonomi, Liza bahkan harus menjual rumahnya sendiri.

Situasi ini memaksa Liza untuk kembali berkarir, meski ia sudah hiatus dari dunia kerja selama belasan tahun. Wawancara kerja Liza selalu berakhir dengan kegagalan akibat ia dinilai sudah terlalu tua untuk menempati posisi baru di sebuah perusahaan.

Pada suatu ketika, Liza yang tengah berada di Café bersama sang sahabat Maggie (Debi Mazar), secara kebetulan bertemu seorang pemuda seniman tato bernama Josh (Nico Tortorella).

Liza terkejut lantaran Josh mengira bahwa dirinya seumuran dengan pemuda itu, yakni sekitar 26 tahun.

Peristiwa yang awalnya dianggap sepele itu, akhirnya memantik sebuah ide ekstrim. Maggie menyarankan Liza untuk memalsukan umur demi mendapat pekerjaan.

Singkat cerita, Liza lantas memperoleh posisi dalam divisi pemasaran di sebuah perusahaan penerbitan. Dalam lingkungan barunya itu, Liza lantas bertemu dengan Kelsey Peters (Hillary Duff) seorang editor muda yang menjadi teman dekatnya di kantor.

Liza juga harus berurusan dengan Diana Trout (Miriam Shor), kepala divisi pemasaran yang terkenal sangat menyebalkan.

Hubungan Liza dengan Josh juga terus berlanjut, tentu saja tanpa sepengetahuan sang pemuda bahwa Liza sejatinya adalah ibu berusia 40 tahun.

Sebagian ulasan menganggap para pemeran kunci yang bermain di serial Younger telah mampu memberikan penampilan terbaik. Namun tentu saja Sutton Foster sebagai pemeran utama dinilai yang paling bersinar.

“Foster karismatik dan menyenangkan, para pemeran pendukung juga kuat,” tulis Las Vegas Weekly.

Younger yang gemerlap dan ceria, segera memunculkan gelak tawa dari Sutton Foster yang berperan sebagai wanita 40 tahun yang mencoba tampil 26 tahun, demi mendapat pekerjaan di perusahaan penerbitan,” ulas Yahoo! TV.

Younger Menuai Sukses

Serial Younger pertama kali rilis pada 31 Maret hingga 9 Juni 2015. Musim perdana serial ini terdiri dari 12 episode, dengan rata-rata per episode memiliki durasi 22 menit.

Untuk musim pertama, serial produksi TV Land (Amerika Serikat) ini sanggup mengumpulkan nilai 97 persen dari para kritikus di Rotten Tomatoes, dan skor 88 persen dari kelompok penonton umum.

Sementara dari situs IMDb, Younger memperoleh skor rata-rata 7,8/10 dari 16.941 penilai. Khusus untuk musim pertama, nilai tertinggi diperoleh episode 12 dengan skor 8.2/10. Sementara skor terendah terjadi pada episode 2 dan 9, dengan nilai 7,5/10.

Hingga saat ini, serial Younger telah tayang sebanyak 6 musim, dengan jumlah total 72 episode. Sementara itu, Younger Season 7 dikabarkan bakal segera tayang pada 2021 mendatang.

Serial Younger dari Season 1 sampai 6, seluruhnya sudah dapat ditonton melalui Mola TV.


Baca juga artikel terkait FILM MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Film)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Agung DH
DarkLight