Serial Romulus dan Kiprah Matteo Rovere dalam Film Sejarah Roma

Oleh: Oryza Aditama - 14 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Film serial Romulus (2020) tentang legenda berdirinya kota Roma, sudah dapat ditonton melalui Mola TV.
tirto.id - Film serial asal Italia, Romulus, berkisah tentang legenda dan sejarah berdirinya kota Roma. Serial ini adalah karya Matteo Rovere, seorang sutradara muda sekaligus penulis naskah ternama Italia ini, sudah dapat ditonton melalui Mola TV.

Kapabilitas Matteo Rovere dalam dunia sinematik Italia tak perlu diragukan lagi. Sineas 38 tahun kelahiran kota Roma tersebut tercatat sebagai sutradara termuda yang pernah menyabet penghargaan Nastro d’Argento dari Asosiasi Kritik Film Italia.

Sebelum terlibat dalam serial Romulus yang mulai rilis tahun 2020 ini, Matteo Rovere juga pernah menelurkan film lepas bergenre historis dengan judul The First King: Birth of an Empire (2019) atau berjudul original Il Primo Re.

Jika dicermati, baik serial Romulus (2020) maupun film Il Primo Re (2019) sejatinya membidik kisah yang sama, yakni perjuangan dua bersaudara Romulus dan Remus dalam legenda terbentuknya kota Roma. Patut diketahui, Roma merupakan benih imperium raksasa yang kelak dikenal dengan nama Romawi.

Dalam ulasannya, MadMass Magazine menganggap Matteo Rovere telah cukup paham tentang apa yang harus ia lakukan dalam serial Romulus (2020), meski yang bersangkutan masih tergolong sineas muda. Hal itu di dasari dari modal pengalaman saat mengerjakan proyek Il Primo Re (2019).

Legenda Romulus dan Remus sesungguhnya memang masih dipenuhi dengan perdebatan historiografi yang pelik. Namun tangan dingin Matteo Rovere dianggap mampu meramu sejarah, fantasi, serta budaya leluhur Italia menjadi karya sinematik yang bernilai.

Kisah Romulus yang kompleks juga dianggap lebih ideal jika disajikan lewat film serial, ketimbang film lepas yang pastinya bakal terbentur dengan durasi penayangan.

“Pesona mitos yang tak tertahankan. Jika kita bicara tentang pondasi ibukota dunia kuno, sangat sulit untuk tidak tertarik (dengan serial ini),” tulis MadMass Magazine.

“Tepuk tangan perlu diberikan terhadap pemilihan casting serta atmosfer yang diciptakan dari setting lokasi, di mana seluruh komitmen sinematik dari Matteo Rovere dan para pekerja telah terpancar,” imbuh mereka.

Peran vital Matteo Rovere dalam Romulus (2020) terlihat dari namanya yang terpampang dalam jajaran sutradara, penulis naskah, serta produser. Meski demikian ia tercatat hanya menyutradarai 2 episode awal, sedang sisa episode lain dibagi rata oleh Enrico Maria Artale dan Michele Alhaique.

Romulus (2020) melibatkan sejumlah bintang tenar Italia seperti: Andrea Arcangeli, Francesco Di Napoli, Marianna Fontana, Corrado Invernizzi, dan Emilio De Marchi.

Alur Serial Romulus

Film berlatar waktu abad 8 SM, usai peperangan yang begitu lama, 30 suku yang berada di wilayah selatan Sungai Tiber bersepakat untuk membuat aliansi.

Masing-masing dari mereka mempunyai raja. Namun tetap mengakui raja dari Alba sebagai pemimpin dari semuanya. Wilayah aliansi ini disebut dengan Land of the 30 Kings.

Lantaran berbulan-bulan dilanda kekeringan, raja-raja daerah lalu bekumpul di Alba untuk menunggu petunjuk dewa yang disampaikan lewat pendeta tertinggi.

Dari petunjuk yang didapat, diputuskan bahwa Raja Numitor dari Alba harus mengasingkan diri dan menyerahkan tahta kepada sang cucu kembar Enitos dan Yemos.

Dengan menjadi pewaris tahta Alba, secara tidak langsung mereka juga bakal menjadi pemimpin di wilayah Tanah 30 Raja. Hak tersebut terutama tertuju kepada Enitos.

Masalah mulai timbul saat Enitos diberitahu oleh kelompok pendeta bahwa mereka mendapat visi akan terjadi petumpahan darah di wilayah tersebut, dengan salah satu pangeran akan membunuh yang lainnya.

Salah satu pendeta muda bernama Ilia yang juga menjalin hubungan rahasia dengan Enitos, menyarankan agar sang pangeran pergi meninggalkan Alba demi menghindari pertumpahan darah.

Namun rencana ini urung dilakukan lantaran Yemos berhasil meyakinkan Enitos bahwa mereka harus selalu bersama, seperti pesan sang ibu.

Tahta Alba yang bakal jatuh ke tangan para pangeran muda membuat raja-raja daerah menjadi gerah. Tak terkecuali juga Amulius, yakni paman Enitos dan Yemos. Amulius bahkan sampai coba melakukan percobaan pembunuhan terhadap para pangeran usai dihasut sang istri, Gala.

Sementara di Velia, bagian Tanah 30 Raja lainnya, sekelompok anak muda dipaksa tinggal di hutan selama 6 bulan sebagai bagian dari ritual kedewasaan. Di sana mereka harus dapat bertahan dari ancaman teror Rumina, seorang dewi jahat dan misterius.

Serial Romulus (2020) merupakan produksi Sky Italia bekerja sama dengan Cattleya dan Groenlandia. Sementara alur distribusinya berada di bawah naungan Sky Atlantic. Serial ini terdiri total 10 episode, dengan durasi rata-rata 50 menit.

Di Italia, serial Romulus (2020) sejauh ini baru tayang sebanyak 2 episode, yakni pada 6 November lalu. Sementara sisa episode yang lain rencananya dirilis 2 seri tiap pekannya.

Mengacu dari situs IMDb, Romulus (2020) episode 1 mendapat nilai 7,7/10, sementara episode 2 melonjak drastis menjadi 9,1/10.

Serial Romulus (2020) sudah dapat diikuti melalui Mola TV, meski terdapat sedikit jeda dari tanggal rilis resmi di Italia.

Baca juga artikel terkait REVIEW ROMULUS atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Film)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Agung DH
DarkLight