Menuju konten utama

Seluruh Karyawan JD.ID Turut Layani Pelanggan di Pesta Lajang 11.11

Pada Hari Belanja Online 11.11, seluruh karyawan JD.ID terjun langsung melayani pelanggan, yang merupakan bagian dari kultur perusahaan. 

Seluruh Karyawan JD.ID Turut Layani Pelanggan di Pesta Lajang 11.11
CEO JD.ID Zhang Li berfoto bersama beberapa karyawan di gudang JD.ID yang terletak di Marunda, Tarumajaya, Bekasi pada event 11.11 Hari Belanja Online Global. Menjelang pesta belanja 11.11. FOTO/Dok. JD.ID

tirto.id - Perusahaan e-dagang JD.ID turut meramaikan event 11.11 dengan cara yang unik dan berkesan. Seluruh karyawan JD.ID ikut terlibat langsung melayani pesanan pelanggan pada acara yang dikenal sebagai Pesta Lajang ini.

Pada momen belanja global ini, seluruh karyawan JD.ID terlihat sibuk di warehouse, drop point hingga bagian pengiriman di berbagai wilayah Indonesia.

Bahkan, CEO JD.ID Zhang Li beserta jajaran manajemen lain turun langsung menyiapkan pesanan pelanggan. Pada kesempatan kali ini, Li beserta beberapa karyawan JD.ID turun langsung di Gudang Marunda, Tarumajaya, Bekasi untuk memilah barang pesanan hingga ke bagian pengiriman untuk memastikan semua produk sesuai pesanan, dikemas dengan rapi, dan dikirim segera.

CEO Zhang Li pun mengemudikan truk JD.ID ke salah satu drop point terdekat di kawasan Bekasi.

Dalam rilis yang diterima Tirto, Senin (12/11/2018) Zhang Li menjelaskan, “Pada kemeriahan festival belanja ini, seluruh karyawan JD.ID dari staf hingga jajaran manajemen turun langsung melayani pelanggan."

Lebih lanjut Li mengatakan, "kita ingin menunjukkan bahwa JD.ID menerapkan sistem flat organization yaitu seluruh karyawan saling membantu untuk melayani pelanggan tidak peduli apapun posisinya. Ini adalah bagian dari budaya perusahaan mendahulukan pelanggan- putting customers first- yang selalu kami emban.”

Festival 11.11 adalah event tahunan Hari Belanja Online Global dengan diskon super murah. Kegiatan tahunan yang kerap disebut Online Revolution ini biasanya dirayakan pada 11 November. Di Cina, momen ini disebut sebagai atau hari belanja untuk para singles atau Single Day atau Double-11.

Untuk memuaskan pelanggan, JD.ID kali ini menggelar beragam diskon dan promo menarik yang bertajuk ‘Amazing 11.11’, yang menghadirkan beberapa signature campaign JD.ID seperti JD Half (diskon setengah harga) dan JD99 (harga serba 99 ribu).

Bahkan ada promo terbaru dan sensasional yakni JD Golden Ticket, yang memberikan kesempatan untuk memenangkan produk luxury dan branded yang #DijaminOri dengan harga Rp111.000 saja.

Di hari double 11 yang luar biasa ini, order yang diterima JD.ID meningkat hingga 845 persen. Lima kategori teratas untuk produk yang dibeli adalah produk groceries dan kesehatan, ponsel pintar, tablet dan aksesoris, produk ibu, bayi & anak.

Kawasan Jabodetabek mencatatkan penjualan tertinggi dari seluruh Indonesia dan pukul 9 malam menjadi waktu belanja favorit para pelanggan.

Sementara secara keseluruhan, volume transaksi JD.COM untuk ‘Singles Day Shopping Festival’ tahun ini mencapai rekor yakni 159,8 miliar Yuan atau sekitar Rp340 triliun, terhitung sejak awal festival berlangsung pada 1 November 2018, di mana JD.Com juga membantu para pemilik toko fisik untuk ikut serta meramaikan.

Selama periode tersebut, lebih dari 400 juta produk konsumen di berbagai kategori terjual. Sebanyak 25 juta diantaranya adalah penjualan di kategori rumah tangga seperti produk sehari-hari, barang elektronik, alat masak, dan banyak lagi.

Penjualan makanan segar diantaranya sayuran, 2.800 ton bermacam-macam daging, dan lainnya, tercatat mengalami peningkatan dua kali lipat dari jumlah yang biasa dijual JD.Com setiap tahunnya.

Kemudian, kategori wisata dan gaya hidup, dengan penjualan tiket penerbangan internasional yang meroket 158 persen. Penjualan fesyen tercatat menembus 100 juta Yuan atau sekitar Rp21,2 miliar dalam satu menit.

Baca juga artikel terkait JDID atau tulisan lainnya dari Yandri Daniel Damaledo

tirto.id - Bisnis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo