tirto.id - Pada akhir 2014, jumlah gerai Carrefour di seluruh dunia mencapai lebih dari 10 ribu toko. Mayoritas, yaitu 46 persen gerainya terdapat di Perancis, dengan lebih dari 3.000 gerai merupakan toko serba ada (convenience store). Sedangkan, jumlah hypermarket Carrefour di Perancis hanya 237 gerai.
Menurut laporan keuangan Carrefour, peritel tersebut memiliki 4 format dan saluran penjualan, yaitu hypermarket, supermarket, convenience store, dan cash and carry. Dari 33 negara tempat Carrefour beroperasi, hanya Cina yang memiliki satu format penjualan yaitu hypermarket. Jumlah hypermarket yang tersebar di Cina mencapai 236 gerai, terbanyak kedua setelah Perancis.
Sebagai negara asal, Perancis menjadi penyumbang terbesar pendapat Carrefour, dengan nilai mencapai 35,3 juta euro atau setara dengan 32 persen dari penjualan bersih sepanjang 2014. Disusul oleh negara Eropa lainnya dengan proporsi sebesar 17,4 persen. Sedangkan, negara-negara Asia hanya menyumbang sebesar 5,7 persen.
Penulis: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti