SEA Games 2019: Timnas Basket 3x3 Incar Naturalisasi Brandon Jawato

Oleh: Permadi Suntama - 22 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Timnas Basket 3x3 Indonesia berharap bisa diperkuat oleh Brandon Jawato, pemain keturunan Indonesia-Amerika, di SEA Games 2019.
tirto.id - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi) ingin segera menyelesaikan berkas naturalisasi Brandon Jawato. Pemain keturunan Indonesia-Amerika itu diharapkan dapat memperkuat tim nasional (timnas) basket Indonesia di nomor 3x3 di SEA Games 2019 Manila.

Dalam aturan SEA Games, setiap negara peserta diizinkan membawa satu pemain naturalisasi untuk didaftarkan ke dalam tim basket 3x3. Hal itulah yang membuat PP Perbasi tertarik mengikutsertakan Brandon Jawato.

Pemain yang musim lalu membawa CLS Kights Surabaya menjuarai Asean Basket League 2018/2019 itu saat ini tercatat memiliki paspor Amerika Serikat, kendati dalam gelaran ABL 2018/2019 terdaftar sebagai pemain lokal Asean.

Rama Datau, manajer tim basket 3x3 putra Indonesia mengakui bahwa pihaknya tengah berupaya untuk membawa Brandon Jawato. Pengalaman Jawato yang sudah memperkuat sejumlah tim basket Indonesia, disebut menjadi nilai lebih karena tak perlu melakukan penyesuaian dengan gaya bermain tim Indonesia.

"Kami memang prioritaskan pemain (naturalisasi) yang pernah main di Indonesia. Jadi kami pilih pemain yang mengenal budaya Indonesia. Salah satu kandidatnya ada Brandon Jawato. Berkasnya sedang kami siapkan, semuanya dalam proses pengajuan," kata Rama Datau dikutip dari mainbasket.

Kendati menginginkan Brandon Jawato menjadi bagian timas basket 3x3, Rama Datau menyebut Indonesia bisa saja tampil tanpa pemain naturalisasi. Ia mengaku tak khawatir jika Indonesia tanpa pemain naturalisasi, karena pemain lokal juga memiliki kualitas individual yang bagus.

Sambil menunggu berkas pemain naturalisasi, pelatih kepala tim basket 3x3 Indonesia, Ali Budimansyah, telah memanggil 15 pemain untuk mengikuti seleksi di Jakarta yang selesai pada Rabu (21/8/2019). Namun, Reggie Mononimbar (Pelita Jaya) mengalami cedera.

“Dari 15 pemain dipanggil, satu pemain Reggie Mononimbar mengalami cedera, jadi yang ikut show case 14 pemain. Mereka akan disaring menjadi delapan pemain,” kata Rama Datau dikutip laman resmi IBL.

Dari seleksi, akan ada 8 pemain lolos yang dibagi menjadi 2 tim. Tim pertama akan diikutsertakan dalam turnamen FIBA 3x3 2019 di Maladewa. Sementara, tim kedua belum dapat dipastikan jadwalnya.

Nantinya, dari 8 pemain yang tersedia akan dipilih 6 pemain terakhir yang akan menjalani pemusatan latihan di Serbia. Lalu empat pemain terbaik Indonesia, berangkat ke SEA Games 2019 Manila pada November 2019.

“Sepulang dari Serbia ada dua kali uji coba lagi sebelum kita menentukan empat pemain berangkat ke SEA Games,” tambah Rama.

Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight