SEA Games 2019: Gagal Emas, Lisa Setiawati Minta Maaf

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 1 Desember 2019
Lifter Lisa Setiawati menyumbang satu medali perak angkat besi.
tirto.id - Lifter Lisa Setiawati menyampaikan permohonan maafnya karena gagal menyumbang medali emas dalam cabor angkat besi kelas 45 kilogram putri SEA Games 2019 di Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019).

“Target saya untuk mendapat emas tidak tercapai, mohon maaf kepada masyarakat Indonesia. Ini merupakan SEA Games pertama dan mungkin terakhir saya, di situlah saya merasa sedih,” tutur Lisa, seperti dilansir Antara.

Lisa mulanya sempat menargetkan dan digadang-gadang bisa menyabet emas. Tapi sayang, total angkatan terbaiknya, 169 kilogram (73 kilogram snatch dan 96 kilogram clean and jerk ) kalah dari atlet Vietnam, Vuong Thi Huyen.

Huyen, yang menyabet medali emas, meraih total angkatan 172 kilogram (77 kilogram snatch dan 95 kilogram clean and jerk). Angka ini mengungguli Lisa dan peraih medali perunggu asal Filipina, Mary Flor Diaz (159 kg, 70 snatch dan 89 kg clean and jerk).


Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, yang hadir langsung menyaksikan penampilan Lisa sempat menyemangati sang atlet. Zainudin mengaku tidak kecewa sama sekali dengan penampilan Lisa.

“Indonesia bangga untuk Lisa. Sebab namanya juga olahraga ada yang menang dan kalah. Dan Lisa sangat luar biasa, karena raihan perak itu tidak gampang dengan angkatan terakhir,” tuturnya.

Ucapan penyemangat juga dilontarkan manajer Pelatnas PB PABBSI, Sonny Kasiran. Menurutnya penampilan Lisa pada dasarnya tidak mengecewakan.

“Walau meraih perak, catatan Lisa terus mengalami peningkatan dan perkembangan. Clean and jerknya lebih bagus daripada peraih emas,” tukasnya.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH
DarkLight