SBMPTBR UNEJ 2021 Kapan Dibuka, Mekanisme Seleksi & Pilihan Prodi

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sebanyak 24 Perguruan Tinggi se-Besuki Raya membuka seleksi lewat SBMPTBR 2021 di Universitas Jember (UNEJ).
tirto.id - SBMPTBR 2021 merupakan seleksi mandiri untuk merekrut calon mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi di lingkungan Besuki Raya, Jawa Timur. Area ini meliputi wilayah eks Karesidenan Besuki, Probolinggo, dan Lumajang.

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se-Besuki Raya (SBMPTBR) di Universitas Jember (UNEJ) akan dibuka mulai 14 Juni 2021. Seleksi ini digelar untuk penerimaan mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Paket C dari seluruh Indonesia di jenjang Program Diploma (D3) dan Program Sarjana (S1). Sebanyak 24 Perguruan Tinggi turut berpartisipasi dalam SBMPTBR 2021.

Dalam SBMPTBR 2021, peserta bisa memilik seleksi berdasarkan nilai UTBK SBMPTN 2021. Peserta pun bisa memilih opsi lain, yakni seleksi lewat UTBK SBMPTBR di Kampus UNEJ. Bobot penilaian keduanya dinilai sama.

Sementara dalam UTBK SBMPTBR 2021, kelompok ujian akan dibagi menjadi Sain dan Teknologi (SAINTEK) serta Sosial dan Humaniora (SOSHUM).

Calon peserta SBMPTBR 2021 dikenakan biaya pendaftaran Rp350.000. Pembayaran biaya seleksi itu dilakukan dengan transfer melalui bank yang ditunjuk.

Jadwal pelaksanaan SBMPTBR 2021 di UNEJ sebagai berikut:

  • Pendaftaran online: 14 - 25 Juni 2021
  • Seleksi/ujian tertulis: 5 - 11 Juli 2021 (setiap hari satu sesi)
  • Pengumuman hasil seleksi: 19 Juli 2021 (pukul 13.00 WIB)

Pendaftaran SBMPTBR 2021 dilakukan secara onine melalui situs https://sbmptbr.unej.ac.id.

Mekanisme Pemilihan Program Studi

Pilihan Program Studi (Prodi) dalam SBMPTBR 2021 terbagi dalam 2 kelompok, yaitu SAINTEK dan SOSHUM. Siswa lulusan SMA/MA Jurusan IPA atau Jurusan kelompok SAINTEK di SMK, dapat ikut ujian kelompok SAINTEK atau SOSHUM.

Namun, khusus Program Studi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi hanya dapat dipilih oleh peserta lulusan SMA/MA Jurusan IPA.

Sementara itu, bagi peserta yang berasal dari SMA/MA Jurusan IPS/Bahasa atau Jurusan kelompok SOSHUM di SMK, hanya bisa mengikuti ujian Kelompok SOSHUM.

Pilihan Program Studi dan kelompok Mata Ujian mengikuti ketentuan sebagai berikut:

1. Pendaftar kelompok ujian SAINTEK atau SOSHUM dapat memilih sebanyak-banyaknya lima program studi dari dua atau tiga Perguruan Tinggi. Ketentuannya yaitu dapat memilih Universitas Jember dengan tiga Program Studi pilihan (Program Sarjana maksimal dua pilihan atau Program Diploma Tiga maksimal dua pilihan), dan dua Program Studi pilihan pada Perguruan Tinggi Swasta peserta SBMPTBR (Perguruan Tinggi yang sama atau berbeda).

2. Urutan dalam pemilihan program studi merupakan prioritas pilihan.

Mekanisme Seleksi SBMPTBR 2021

Seleksi SBMPTBR 2021 dilakukan melalui mekanisme yang menganut prinsip skala prioritas. Jadi, para pendaftar diseleksi oleh perguruan tinggi peserta SBMPTBR menurut urutan pilihan program studinya.

Tahap seleksi diawali pada PT 1 program studi 1. Jika dinyatakan tidak lulus pada PT 1 program studi 1 maka akan diseleksi di PT 1 program studi 2.

Selanjutnya, jika dinyatakan tidak lulus pada PT 1 program studi 2, peserta akan diseleksi di PT 1 program studi 3. Jika dinyatakan tidak lulus pada PT 1 program studi 3, dia akan diseleksi di PT 2 program studi 1.

Lantas, apabila dinyatakan tidak lulus pada PT 2 program studi 1, peserta akan diseleksi di PT 2 program studi 2 atau PT 3 program studi 1.

Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight