STOP PRESS! Indonesia Berniat Beli Pesawat Amfibi dan Helikopter Rusia

Satgas Pungut Sampah Jaga Kawasan Monas Tetap Bersih

02 Desember, 2016 dibaca normal 1 menit
Satgas Pungut Sampah Jaga Kawasan Monas Tetap Bersih
Ribuan umat Islam melakukan zikir dan doa bersama saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12). Aksi tersebut menuntut kepada aparat penegak hukum untuk segera menuntaskan kasus dugaan penistaan agama. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.
tirto.id - Satuan tugas (satgas) khusus pemungut sampah dari peserta demo 2 Desember menjaga kawasan Monas tetap bersih selama Aksi Bela Islam III berlangsung pada Jumat (2/12/2016). Relawan pemungut sampah Fauzan mengatakan mereka mewakili pemungut sampah dari Arrahman Quranic Learning dan jumlahnya mencapai ratusan.  

"Kami relawan pemungut sampah dari Arrahman Quranic Learning, kami berjumlah ratusan bertugas memungut sampah," ujar relawan pemungut sampah Fauzan di Monas sebagaimana dikutip Antara. 

Dia mengatakan, kegiatan membersihkan sampah juga dilakukan untuk membuktikan bahwa umat muslim mencintai kebersihan. "Ini membuktikan bahwa walaupun diikuti sangat banyak peserta doa bersama tapi umat Muslim tetap dapat menjaga kebersihan. Kalau konser musik belum tentu kebersihan tetap terjaga," ujar Fauzan.

Fauzan bersama rekan-rekannya memunguti sampah-sampah di kawasan silang Monas dan memasukkannya ke dalam kantong-kantong plastik besar. "Kami lakukan ini secara sukarela untuk memudahkan petugas kebersihan mengangkut sampah," kata Fauzan.

Fauzan mengatakan terjaganya kebersihan kawasan Monas turut didukung seluruh peserta Doa Bersama yang mampu menaati peraturan. Sebagian peserta aksi Doa Bersama, termasuk Faizan dan rombongannya, berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia usai mengikuti salat Jumat.

Massa tersebut berkumpul di Bundaran HI untuk mendengarkan orasi yang disampaikan oleh beberapa peserta Doa Bersama di depan Polsubsektor Thamrin atau pos polisi Bundaran HI.

Sejumlah massa juga terpantau masih memadati Jalan Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia.Sebagian besar dari mereka berjalan ke arah selatan atau ke arah Jalan Sudirman usai mengikuti salat Jumat bersama di Monumen Nasional dan lokasi sekitarnya. Beberapa orang lainnya ada yang menuju ke arah Tanah Abang dan Menteng.

Salah satu peserta doa bersama, Rashid, memilih untuk langsung pulang usai mengikuti salat Jumat bersama sesuai kesepakatan awal kegiatan tersebut. "Saya pakai kendaraan bermotor, parkir di dekat GI (Grand Indonesia)," kata Rashid, yang mengaku baru pertama kali shalat Jumat sambil kehujanan.

Saat ini hingga berita diturunkan, kondisi cuaca di sekitar Bundaran HI dan Jalan Thamrin terpantau gerimis.

(tirto.id : awa/awa)

Keyword