Sanksi untuk Persib Akan Ditentukan Pekan Depan

Oleh: Mohammad Bernie - 29 September 2018
PSSI berencana menjatuhkan sanksi kepada Persib pada pekan depan.
tirto.id - Minggu depan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menentukan sanksi kepada Persib Bandung menyusul tewasnya seorang suporter Persija kala pertandingan Persib vs Persija di Gelora Bandung Lautan Api, Ahad (23/9/2018) lalu.

"Mungkin awal minggu ini kita sudah memutuskan sanksi apa yang akan diberikan kepada Persib," kata Wakil Ketua Komisi Disiplin PSSI Umar Husin di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9).

Walau begitu, Umar mengaku masih belum tahu sanksi apa yang akan diberikan kepada Persib. Menurutnya itu merupakan kewenangan dari Executive Commitee PSSI.

Sementara itu di lokasi yang sama Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewabroto mengatakan pihaknya akan menunggu PSSI memberi sanksi kepada Persib hingga minggu depan. Ia berharap sanksi yang akan diberikan PSSI kepada Persib akan mampu meyakinkan Kemenpora dan publik kalau PSSI memang ingin menyelesaikan masalah.

"Sanksi yang kali ini ditunggu publik adalah yang strong yang betul-betul nendang harus benar-benar lain daripada yang lain," kata Gatot.

Ia mengatakan pihaknya akan meneliti sanksi yang kelak diberikan kepada Persib. Jika dirasa sanksi masih kurang tegas, maka PSSI akan memberikan catatan.

Suporter Persija Haringga Sirila tewas dikeroyok pendukung Persib pada Ahad kemarin. Sejauh ini polisi telah menetapkan 8 tersangka pengeroyokan. Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan yang berakibat kematian dengan ancaman lebih dari 7 tahun penjara.

Akibat peristiwa ini pun, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi membekukan jadwal Liga 1 2018 sampai batas waktu yang tak ditentukan.

Baca juga artikel terkait KERUSUHAN SUPORTER atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Agung DH
DarkLight