Sandi: Pemprov DKI Bantu Cari Dana untuk Indonesian Dance Festival

Oleh: Hendra Friana - 13 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dana yang dibutuhkan untuk Indonesian Dance Festival pada tahun ini mencapai Rp 4,7 miliar.
tirto.id - Pemprov DKI Jakarta siap mendukung pagelaran Indonesian Dance Festival (IDF) 2018 yang akan kembali dihelat di Jakarta tahun ini. Agar penyelenggaraan acara tersebut berjalan lancar, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bakal membantu panitia menggalang dana dari para pengusaha di Jakarta.

"Kita akan menyelenggarakan gala dinner di Balai Kota di sini. Dan ada pertunjukan kecil dari performing dance yang nanti juga kita harapkan dukungan dari dunia usaha dan komunitas lainnya dan donatur-donatur untuk penyelenggaraan," ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Antusiasme Sandi untuk membantu acara tersebut didasarkan pengalamannya menyaksikan IDF tahun 2016. Ia terkesan lantaran perhelatan dua tahunan itu berhasil menyajikan kebudayaan Indonesia secara apik. Menurutnya, pengalaman itu juga bakal dirasakan oleh para wisatawan mancanegara sehingga mereka tertarik kembali ke Jakarta.

"Ini adalah sebuah karya yang sangat bisa mendorong kinerja dari Pemprov DKI untuk meningkatkan pariwisata dan tentunya mendorong pelestarian budaya," kata dia.

Selain pengumpulan dana, mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia itu juga siap menggalang dukungan dari pemerintah pusat melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Tujuannya, agar promosi yang dilakukan panitia dapat lebih masif dan dijangkau luas di mancanegara.

“Kami mempunyai MoU dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang akan kita gunakan juga untuk kita akan merangkul Bekraf juga. Karena ini bagian dari ekonomi kreatif,” tambahnya

Apalagi, menurut Sandiaga, acara tersebut berpeluang besar untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi kunjungan tamu-tamu kenegaraan. "Menteri Pariwisata, Pak Arief Yahya bisa memasukkan ini sebagai salah satu event yang di highlight sebagai kunjungan besar,” imbuhnya.

Nungki Kusumastuti perwakilan panitia IDF menyampaikan, dana yang dibutuhkan untuk IDF pada tahun ini mencapai Rp 4,7 miliar. Dirinya juga sangat berterimakasih atas bantuan Pemprov dan berharap antusiasme masyarakat dalam membantu perhelatan tersebut semakin besar.

"Karena kami nasional kami terbuka saja. Tadi Pak Sandi akan mengundang,gala dinner dengan kawan-kawan dari pihak swasta dan mungkin pemerintah pusat akan mendukung, tapi tentu yang utama DKI," tuturnya.

Baca juga artikel terkait INDONESIAN DANCE FESTIVAL atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Alexander Haryanto
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live