Samuel Johnson Si Penulis Kamus dengan Entri yang Jenaka

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 18 September 2017
Dibaca Normal 1 menit
Jonhson bukan penulis kamus pertama di dunia ini, namun karyanya terkenal karena ia menggunakan entri-entri jenaka dalam kamus yang ditulisnya.
tirto.id - Samuel Johnson bukan penulis kamus bahasa Inggris pertama di dunia ini. Namun ia dujuluki "bapak kamus modern" karena kayanya berpengaruh besar dalam dunia sastra Inggris modern. Kamus "A Dictionary of the English Language" yang ia tulis berbeda dari pendahulunya karena banyak menggunakan entri-entri jenaka.

Contoh entri yang ia gunakan dalam kamus edisi pertama:
1. Dull: Not exhilaterating (sic); not delightful; as, to make dictionaries is dull work.
2. Lexicographer: A writer of dictionaries; a harmless drudde that busies himself in tracing the original, and detailing the signification of words.
3. Mouth-friend: Someone who pretends to be friend.
4. Oats: A grain, which in England is generally given to horses, but in Scotland appears to support the people.
5. Pension: An allowance made to any one without equivalent. In England it is generally understood to mean pay given a state treason to his country
6. Stockjobber: a low wretch who gets money by buying and selling shares.

Kamus edisi pertama itu belum komprehensif, karena hanya memuat 42.773 entri, sedangkan ada lebih dari 250.000 kata dalam bahasa Inggris. Kamus ini lebih dianggap sebagai sebuah karya seni dibandingkan pengertian “kamus” itu sendiri.

Johnson menulis kamus tersebut selama sembilan tahun, padahal sebelumnya ia pernah berjanji akan menyelesaikannya dalam waktu tiga tahun. Seperti dikutip dari The Telegraph, selama sembilan tahun itu, Johnson menghabiskan waktu untuk menulis kamus dan baru tidur di siang hari.

Seniman yang tumbuh besar di Staffordshire ini mempunyai karir yang bahkan lebih cemerlang tanpa harus menjadi penulis kamus. Dia adalah seorang penyair dan menghabiskan bertahun-tahun untuk mengoleksi karya Shakespeare.

Meski karirnya dianggap sukses, namun ia sering terjebak utang dan tidak beruntung dari segi jodoh dan kesehatan. Johnson menderita tuberkolosis sejak kecil dan istrinya, Tetty adalah seorang pecandu laudanum-opium yang terkandung dalam alkohol. Tetty meninggal pada 1752 sebelum Johnson selesai menulis kamusnya.

Johnson kemudian jatuh cinta pada perempuan yang sudah menikah, bernama Hester Thrale. Namun ketika suaminya meninggal, Hester justru pindah ke Itali dan menikahi guru musiknya.

Kehidupan Johnson pernah diangkat dalam buku "The Life of Samuel Johnson" oleh James Boswell, yang merupakan buku biografi modern pertama.

Baca juga: Samuel Johnson Penulis Inggris Jadi Google Doodle Hari Ini

Selain kamus “A Dictionary of The English Language”, Johnson juga berkontribusi dalam dunia kesusasteraan Inggris di abad ke-18 sebagai penyair, penulis esai, kritikus, penulis biografis serta leksikografer.

Tahun ini menjadi ulang tahun Johnson yang ke-308. Google memperingati ulang tahun Johnson dengan menjadikan karyanya di doodle hari ini.

Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Humaniora)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight