Samsung Galaxy M40 Meluncur di India dengan Harga Mulai Rp4 Jutaan

Oleh: Ibnu Azis - 12 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi Samsung Galaxy M40 cukup memikat untuk hp Android kelas menengah ke atas.
tirto.id - Samsung mengumumkan kehadiran seri Galaxy M ke-4 di India, yakni Galaxy M40, Rabu (12/6/2019), yang menawarkan spesifikasi panel Infinity-O, konfigurasi 4 kamera, dan bertenaga chipset Snapdragron 675. Harga ponsel ini di sana mulai 19.990 rupee atau setara Rp4,1 juta (kurs Rp205).

Satu perbedaan kentara antara Galaxy M40 dengan 3 saudaranya, yakni Galaxy M10, Galaxy M20, dan Galaxy M30, yaitu terletak pada panel depannya. Jika Galaxy M40 menggunakan teknologi panel "bolong" Infinity-O, maka 3 saudaranya mengadopsi Infinity-V.

Berkat panel Infinity-O, layar Galaxy M40 tampak luas dan memiliki bingkai tipis. Mengenai lubang di layarnya sebagai letak kamera selfie tunggal yang berkekuatan 16MP. Adapun layarnya, berdiagonal 6,3 inci resolusi FHD+ yang sayangnya belum bertipe Super AMOLED khas Samsung, melainkan PLS.

Untuk kamera belakang, Galaxy M40 tersemat tiga buah kamera masing-masing berkekuatan 32MP, 5MP, dan 8MP, yang didukung fitur Slow-Mo dan Hyperlapse serta kemampuan merekam video hingga resolusi 4K.


Kamera utamanya yang berkekuatan 32MP didukung software AI untuk optimasi scene dengan bukaan lensa f/1.7, yang mampu menangkap foto dengan maksimal dalam segala kondisi, baik itu saat siang maupun malam. Sementara untuk kamera 5MP-nya berfungsi sebagai depth sensor guna efek bokeh, sisanya, 8MP sebagai lensa ultra-wide.

Dapur pacu Galaxy M40 yang ditopang chipset Snapdragron 675 berkonsep octa-core dipadukan dengan RAM lega 6GB untuk mendongkrak performanya. Adapun penyimpanan internalnya tak kalah lapang, yaitu 128GB yang masih dapat diperluas dengan memanfaatkan slot microSD hingga 512GB.

Galaxy M40, yang tersedia dalam varian warna Midnight Blue dan Seawater Blue, tertanam baterai 3.500mAh didukung fitur fast charge 15W via USB Type-C saat mengisi daya. Samsung mengklaim, fitur fast charge di Galaxy M40 lebih cepat 3 kali dari pengisian reguler.

Galaxy M40, yang memiliki bobot 168 gram, menyasar generasi milenial India, seturut seri Galaxy M sebelumnya yang telah dirilis di sana, sebagaimana dikatakan Asim Warsi, Wakil Presiden Senior Samsung India.

"Kami optimis bahwa konsumen milenial [India] akan senang dengan perangkat M40 baru," ujarnya seperti dikutip dari siaran resmi perusahaan.

Di India, Galaxy M40 ditawarkan ke konsumen dengan harga beragam berdasarkan paket bundling operator setempat. Belum ada keterangan dari pihak Samsung apakah ponsel yang dibekali fitur keamanan sidik jari dan face unlock ini bakal dipasarkan ke luar India termasuk di Indonesia.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH