tirto.id - Menyambut Ramadan 1444 H, Spotify meluncurkan Ramadan Hub yang telah diperbarui dan dapat langsung ditemukan ketika pengguna masuk ke aplikasi.
Pada acara “Munggahan Bareng Spotify”, dijelaskan bahwa Ramadan Hub akan menghadirkan pengalaman yang lebih menyeluruh dan interaktif dengan konten-konten dari artis dan podcaster top Indonesia. Mulai malam ini dan seterusnya, pengguna dapat mengakses konten pra-Ramadan serta cuplikan-cuplikan konten yang menggambarkan konten yang akan mereka dapatkan mulai tanggal 22 Maret nanti untuk seluruh pengguna.
Gautam Talwar, Managing Director Spotify APAC menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia cenderung menggunakan Spotify selama bulan suci Ramadan. Menurut data internal Spotify, terdapat peningkatan sebesar 41 persen pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 dalam streaming konten khusus Ramadan.
Sebanyak 26 persen dari streaming Ramadan cenderung terjadi pada pukul 15.00-17.00, yaitu pada saat ngabuburit. Gautam juga menyampaikan bahwa tren mendengarkan konten audio di Spotify sesuai dengan budaya setempat. Khusus untuk Ramadan, Spotify mengamati bahwa terjadi dua peningkatan jumlah streaming selama bulan suci yaitu pada awal dan akhir bulan Ramadan.
"Kami merancang aktivitas di platform yang memungkinkan para pendengar kami untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam mencari konten serta membangun hubungan bermakna dengan para artis dan podcaster yang mereka sukai di Spotify," ujar Gautam. "Kami bangga dapat menghadirkan pengalaman Ramadan yang luar biasa ini kepada para pengguna untuk menemani dan melengkapi momen-momen berharga mereka selama bulan suci."
Dalam rangka menghadirkan pengalaman Ramadan yang lebih baik, para pendengar dapat menemukan konten baru setiap harinya di Spotify. Konten-konten tersebut akan hadir dalam tema dan format yang beragam, seperti kutipan harian, musik, playlist, dan konten podcast untuk mengisi setiap momen selama bulan Ramadan.
Spotify juga telah meluncurkan deretan konten eksklusif bersama artis dan podcaster lokal melalui "Spotify Clips" yang menginspirasi pendengar tentang bagaimana mereka merayakan Ramadan di Spotify. Pendengar dapat mendengarkan lagu-lagu dari artis lokal seperti Afgan, Vidi Aldiano, Raissa Anggiani, Nadin Amizah, Hanin Dhiya dan juga podcasters seperti RAPOT, Podcast Ancur, Kita dan Waktu, dan GJLS.
Pengguna akan dapat dengan mudah mengakses pilihan playlist populer yang dikurasi khusus seperti Refleksi Diri dan Salam, serta playlist baru mulai tanggal 22 Maret mendatang seperti OTW Iftar dan masih banyak lagi! Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menikmati playlist yang dipersonalisasi khusus dengan tema Ramadan, yakni Your Ramadan 2023. Playlist ini dikurasi oleh tim Editorial Musik dan algoritma Spotify berdasarkan dengan preferensi yang unik dari tiap tiap pengguna.
Ramadan Hub akan menawarkan kumpulan konten spesial Ramadan terbaru dari deretan kreator Spotify Exclusive seperti PODKESMAS, Podcast Ancur, Podcast Mendoan, GJLS, Kita dan Waktu, RAPOT, dan masih banyak lagi.
Omesh dari PODKESMAS, Spotify Exclusive Podcast, mengungkapan pada acara Munggahan bahwa tahun ini merupakan kali keempat mereka membuat episode khusus Ramadan.
"Dan semua episode yang kami buat selalu terasa luar biasa. Selain mendapat pencerahan dari para ustadz, kami juga bisa mendengar kisah-kisah inspiratif dari para pendengar," ujarnya.
Menimpali Omesh, personel lainnya dari PODKESMAS, yakni Angga “Nggok” menyampaikan bahwa mereka sangat senang bisa jadi bagian dari jajaran podcast Spotify Exclusive yang kian berkembang.
"Berkat Spotify yang terus menghadirkan fitur dan inovasi untuk para kreator, kami bisa menemukan berbagai cara untuk terhubung dan berefleksi dengan pendengar di bulan Ramadan ini!" tuturnya bersemangat.
Turut hadir bersama Gautam dan juga PODKESMAS, penyayi solo Vidi Aldiano. Vidi mengatakan, “Excited sekali rasanya bisa menjadi bagian dari rangkaian aktivasi #RamadandiSpotify tahun ini. Audio selalu menjadi bagian dari hidup saya, dan melalui kolaborasi dengan Spotify ini, saya jadi bisa ikut serta menghadirkan konten yang telah dipersonalisasi untuk menemani para pendengar selama bulan Ramadan.”
Vidi juga menambahkan, Ramadan tahun ini jadi pertama kalinya semua orang bisa berkumpul tanpa adanya batasan sosial pasca pandemi, ia sendiri berencana menciptakan kenangan dan budaya baru di bulan suci ini bersama dengan keluarganya kecilnya.
Untuk merayakan bulan suci ini, Spotify juga menghadirkan berbagai pilihan penawaran Spotify Premium untuk pendengar di Indonesia. Mulai hari ini dan seterusnya, pengguna dapat membeli paket Spotify Premium selama empat bulan seharga satu bulan berlangganan. Sementara itu, pengguna Spotify Premium Mini dapat menantikan Mini Rewards dari 22 Maret - 22 April 2023.
Nantikan informasi selengkapnya mengenai Ramadan Hub dan bagaimana Spotify menghadirkan kemampuan personalisasi dan memudahkan pendengar menemukan konten yang mereka sukai di blog Spotify For The Record. []
Editor: Nuran Wibisono