Menuju konten utama

Sambut Ramadan & Lebaran, Lintasarta Pastikan Kesiapan Layanan

Menyambut momen Ramadan dan Lebaran 2025, Lintasarta melakukan optimalisasi kapasitas jaringan dan mengoperasikan Command Center 24/7

Sambut Ramadan & Lebaran, Lintasarta Pastikan Kesiapan Layanan
Bayu Hanantasena, President Director and CEO Lintasarta. foto/Dok. Lintasarta

tirto.id - Menyambut momen Ramadan dan Lebaran 2025, Lintasarta sebagai AI Factory di bawah naungan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, menegaskan komitmen menjaga stabilitas, keamanan, dan keandalan jaringan serta layanan.

Komitment ini mempertimbangkan lonjakan trafik data pelanggan sebesar 9,48 persen selama puncak periode Ramadan dan Lebaran 2024 dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, Perusahaan memproyeksikan kenaikan trafik data sekitar 10 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, seiring dengan pertumbuhan digitalisasi di berbagai sektor.

President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena, mengatakan Lintasarta berkomitmen menjaga kestabilan layanan pelanggan, khususnya di industri yang sangat bergantung pada konektivitas dan keamanan data selama momen Lebaran.

“Melalui kesiapan infrastruktur digital yang andal, koneksi jaringan yang prima, dan pelayanan pelanggan yang siaga selama puncak Ramadan dan Lebaran 2025, kami ingin memastikan masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan digital yang lancar dan aman dalam setiap momen kebersamaan,” ujar Bayu pada Rabu (12/3) di Jakarta.

Pada periode Ramadan dan Lebaran ini, Lintasarta melakukan optimalisasi kapasitas jaringan. Perusahaan mengimplementasikan high-capacity backbone dengan kapasitas Nx400G serta teknologi jaringan berlatensi rendah untuk menjamin kelancaran koneksi data domestik dan internasional.

Kemudian, melalui sistem Operations Support System (OSS), kualitas jaringan dan kepadatan trafik data dapat dipantau secara real-time, memberikan visibilitas menyeluruh terhadap performa jaringan. Dengan penerapan teknologi AI dan otomatisasi, Lintasarta berupaya mendeteksi anomali gangguan secara lebih cepat dan akurat, menganalisis pola trafik data secara presisi, serta memprediksi potensi kendala dan merekomendasikan solusi sebelum masalah berkembang lebih luas.

“Melalui optimalisasi kapasitas jaringan sesuai proyeksi lonjakan trafik data, kami berupaya memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Kami ingin memastikan pelaku bisnis di sektor keuangan dapat menjalankan operasionalnya dengan lebih lancar, kenaikan permintaan dari sektor transportasi, ritel, dan distribusi dapat terlayani dengan baik, serta industri pariwisata tetap mampu memproses peningkatan pemesanan tiket saat momen Lebaran,” lanjut Bayu.

Perusahaan juga terus meningkatkan upaya pencegahan terhadap potensi penyalahgunaan data dengan menerapkan sistem penyimpanan data dan cybersecurity. Melalui dukungan teknologi enkripsi tingkat lanjut dan pengawasan ketat untuk pendeteksian dini terhadap ancaman serangan siber yang meningkat selama periode lonjakan trafik.

Komitmen Siaga 24/7 untuk Layanan Prima

Komitment siaga Lintasarta juga terefleksi dengan pengoperasianCommand Center selama 24/7 yang didukung oleh tim ahli tersertifikasi memastikan pengalaman layanan terbaik bagi pelanggan. Dengan layanan customer support yang siaga penuh, Lintasarta menjamin solusi cepat dalam menghadapi potensi kendala teknis selama periode kritikal.

Untuk memberikan pelayanan optimal, Lintasarta memastikan pelayanan prima yang memprioritaskan high availability service secara nasional melalui contact center 14052 dan fasilitas virtual assistant Talita pada website www.lintasarta.net. Dengan demikian, pelanggan dan masyarakat dapat menikmati momen Lebaran dengan kualitas layanan yang andal dan stabil.

Baca juga artikel terkait LINTASARTA atau tulisan lainnya dari Tirto Creative Lab

tirto.id - Bisnis
Penulis: Tirto Creative Lab
Editor: Tirto Creative Lab