Sam Mendes Ikuti Jejak Daniel Craig Mundur dari "James Bond"

Oleh: Putu Agung Nara Indra - 30 Mei 2016
Dibaca Normal 1 menit
Film franchise James Bond kehilangan sutradaranya setelah Sam Mendes memutuskan untuk tidak akan membesut film Bond lagi. Ia mengaku ingin mencoba hal-hal baru dalam film berikutnya. Langkah Mendes ini seakan mengikuti jejak pemeran tokoh James Bond, Daniel Craig, yang sebelumnya telah terlebih dulu menyatakan penolakannya untuk kembali memainkan karakter mata-mata Inggris itu.
tirto.id -
Sutradara dua film James Bond terakhir, Sam Mendes, menyatakan bahwa dirinya tidak akan menyutradarai film mata-mata Inggris itu lagi. Rencana itu diungkapkannya di sela-sela Hay Festival of Literature, di Wales, Sabtu, (28/05/2016).

"Ini merupakan petualangan menyenangkan, saya menikmati setiap detiknya," ujarnya mengenang pengalaman membuat film 007 selama lima tahun. "Tapi saya pikir sekarang sudah waktunya dialihkan untuk orang lain,” imbuhnya.

Mendes berharap, sutradara Bond berikutnya berasal dari "arah yang tak disangka-sangka" sepertinya. Sebelum menyutradarai film Bond yang bertabur aksi dan laga, Sam Mendes terlebih dulu dikenal sebagai sutradara teater yang menggarap film-film drama seperti “American Beauty”--pemenang Best Picture pada gelaran Academy Awards 2000-- dan “Revolutionary Road” pada 2008.

Kolaborasi antara Sam Mendes dan Daniel Craig pada film Bond “Skyfall” dipuji banyak pihak telah memberikan kedalaman dan dimensi baru kepada karakter James Bond yang selama ini cenderung dikenal hanya sebagai sosok yang flamboyan dan playboy.

Di sisi lain, meski dianggap membosankan, pendekatan Mendes saat menggarap film Bond lainnya, “Spectre”, disebut-sebut berhasil secara substansi.

Mendes mengaku, ia ingin membuat sesuatu yang baru dalam film berikutnya. "Saya adalah seorang pencerita. Dan pada akhirnya saya ingin membuat cerita dengan karakter baru," tandasnya.

Sementara itu, kelangsungan akting Daniel Craig sebagai pemeran agen mata-mata MI6 itu juga masih diragukan. Craig bahkan mengaku, ia lebih memilih mengiris tangannya dibandingkan kembali menjadi James Bond.

Aktor pemeran Loki dalam serial "Thor", Tom Hiddleston, serta aktor kulit hitam Idriss Elba dijagokan sebagai pengganti Craig. Meskipun keduanya cukup populer di kalangan pencinta film, tetapi Mendes menegaskan bahwa sosok James Bond selanjutnya adalah mutlak hasil pilihan Barbara Broccoli, produser film-film James Bond.

"Ini bukan demokrasi... Barbara Broccoli memutuskan siapa yang akan jadi Bond selanjutnya, titik," katanya.

Mendes memuji keberanian Broccoli ketika ia memilih Daniel Craig, yang saat itu tidak begitu dikenal, di tengah-tengah penolakan para fans setia Bond. Pada akhirnya, para fans harus mengakui bahwa akting Craig telah menghidupkan kembali serial James Bond, seperti dilansir oleh Japan Today. (ANT)

Baca juga artikel terkait FILM atau tulisan menarik lainnya Putu Agung Nara Indra
(tirto.id - Film)

Sumber: Antara
Penulis: Putu Agung Nara Indra
Editor: Putu Agung Nara Indra
DarkLight