Menuju konten utama

Rotasi Ban Mobil: Manfaat, Teknik & Waktu yang Tepat untuk Merotasi

Manfaat merotasi ban mobil, kapan waktu yang tepat rotasi ban mobil dan teknik melakukannya.

Rotasi Ban Mobil: Manfaat, Teknik & Waktu yang Tepat untuk Merotasi
Ilustrasi Rotasi Ban. foto/istockphoto

tirto.id - Ban merupakan bagian dari mobil yang perlu dirawat secara berkala. Perawatan pada ban yang sering dilakukan adalah rotasi.

Dilansir dari Dunlop, merotasi ban dapat dilakukan setiap 7 ribu kilometer hingga 10 ribu kilometer.

Namun jika mobil sering digunakan dengan kecepatan tinggi, maka tidak ada salahnya untuk merotasi ban setiap 5 ribu kilometer sekali.

Alasannya karena dengan mengendarai mobil berkecepatan tinggi, maka keausan akan lebih cepat terjadi.

Dengan melakukan rotasi ban, akan memberikan beberapa manfaat. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Antara dan Deltalube:

    • Posisi ban akan memengaruhi kondisi ban, agar tingkat keausan ban merata, maka rotasi dapat dilakukan untuk memperpanjang usia ban. Ban bagian depan cenderung akan cepat aus karena digunakan untuk berbelok atau menapak lebih kuat saat terjadi pengereman kendaraan.
    • Pemilik mobil dapat mengetahui tekanan ban, kerusakan yang terjadi hingga mengetahui apakah ban perlu di-balance atau tidak.

Melakukan perotasian pada mobil juga memerlukan teknik yang tidak sembarangan, karena setiap jenis mobil memerlukan cara perotasian yang berbeda, tetapi masih menggunakan prinsip yang sama yaitu persilangan.

Berikut adalah teknik rotasi mobil yang benar, menurut Dunlop.

1. Kendaraan berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive):

  • Gunakanlah ban bagian depan kanan menjadi ban serep
  • Ban bagian depan kiri berubah menjadi ban belakang kiri
  • Jadikan ban bagian belakang kanan menjadi ban depan kiri
  • Ban bagian belakang kiri menjadi ban depan kanan
  • Ban serep bisa menjadi ban belakang kiri

2. Kendaraan berpenggerak Roda Belakang (Rear Wheel Drive):

  • Ban depan kanan mundur menjadi ban belakang kiri
  • Ban belakang kiri maju menjadi ban depan kiri
  • Ban belakang kanan digunakan untuk mengganti ban depan kanan
  • Ban depan kiri masuk menjadi ban serep
  • Ban serep menjadi ban belakang kanan.

Melakukan rotasi pada ban selain bermanfaat untuk menjaga performa mobil, dengan kondisi ban yang baik maka keamanan dalam berkendara juga akan terjaga.

Baca juga artikel terkait MERAWAT BAN MOBIL atau tulisan lainnya dari Endah Murniaseh

tirto.id - Otomotif
Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Dhita Koesno