Rilis Film Mulan Kembali Ditunda Jadi 21 Agustus 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 28 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Disney kembali menunda perilisan film Mulan menjadi 21 Agustus 2020.
tirto.id - Perilisan film Mulan kembali ditunda untuk ketiga kalinya. Film tersebut akan tayang pada 21 Agustus 2020.

Sebelumnya Mulan dijadwalkan hadir di bioskop pada 24 Juli. Namun karena kasus virus corona di Amerika Serikat angkanya terus meningkat maka bioskop belum bisa dibuka untuk musim panas.

"Meskipun pandemi telah mengubah rencana rilis kami untuk Mulan, kami akan terus bersikap fleksibel seperti yang disyaratkan, itu tidak mengubah keyakinan kami pada kekuatan film ini dan pesannya tentang harapan dan kegigihan," kata wakil ketua Disney dan kepala bidang kreatif Alan Horn dilansir Variety, Sabtu.

"Sutradara Niki Caro dan para pemain serta kru kami telah menciptakan film yang indah, epik, dan mengharukan, yang seharusnya menjadi pengalaman sinematis, dan di sanalah kami percaya hal itu berada, baik di panggung dunia dan layar lebar untuk pemirsa di seluruh dunia agar bisa dinikmati bersama," lanjutnya.

Langkah ini muncul setelah berita Warner Bros menunda rilis Tenet, film fiksi ilmiah karya dari sutradara Christopher Nolan untuk kedua kalinya. Tenet dibintangi oleh John David Washington dan Robert Pattinson yang diperkirakan tayang pada 12 Agustus.

Dengan kekosongan Tenet dari kalender rilis, Mulan diposisikan menjadi film besar pertama yang akan tayang saat bioskop Amerika Utara kembali buka.

Mulan yang biaya pembuatannya mencapai 200 juta dolar diharapkan memiliki hasil yang sangat bagus di Cina. Namun, seluruh bioskop di sana saat ini juga masih ditutup tanpa tahu tanggal pembukaannya kembali.

Ini adalah ketiga kalinya Disney menunda Mulan, yang disutradarai oleh Niki Caro dan bintang Liu Yifei. Awalnya film tersebut dibuka pada 27 Maret, tetapi ditarik dua minggu sebelumnya ketika corona virus mulai menyebar di Amerika Utara.

Pihak studio kemudian memindahkan akhir Juli, dan kini saat belum ada kepastian bioskop akan dibuka, Disney akhirnya memutuskan untuk menundanya kembali.

Sebelum dibuat film versi live-action tahun 2020, kisah Mulan terlebih dahulu hadir tahun 1998 dalam bentuk animasi dengan soundtrack-nya “I’ll Make The Man Out Of You”. Versi animasinya bercerita tentang Kekaisaran Cina yang sedang diserang oleh Bangsa Hun dari utara.

Kemudian Kaisar mengharuskan setiap keluarga menurunkan satu pria guna mengikuti wajib militer. Keluarga Mulan tidak memiliki pria lain selain ayah Mulan.

Untuk menggantikan ayahnya yang sudah tua, Mulan kabur dari rumah. Dia membawa peralatan dan pakaian perang milik ayahnya. Mulan berpakaian mirip laki-laki agar bisa masuk ke dalam barak pelatihan para prajurit kekaisaran Cina.

Ada beberapa hal yang berbeda antara Mulan versi animasi dengan versi live-action. Salah satu perbedaannya belum munculnya naga kecil berwarna merah yang menjadi teman berpetualang Mulan bernama Mushu.

Dahulu karakter Mushu disuarakan oleh komedian Eddie Murphy. Selain itu, peran Li-Shang sebagai kapten yang melatih prajurit dan love interest bagi Mulan digantikan Chen Honghui, peran baru yang tidak ada dalam film animasi pendahulunya.


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight