Ridwan Kamil-Uu Menang di Hasil Quick Count Pilgub Jabar 2018

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 27 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul unggul 32,26 persen (SMRC) dan 33 persen (LSI) dari 100 persen suara.
tirto.id - Pasangan calon nomor urut satu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul memimpin suara berdasarkan hasil quick count yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Lingkaran Survai Indonesia (LSI) Denny JA, Rabu (27/6/2018).

Kandidat yang diusung oleh Partai Hanura, PPP, PKB, dan Partai Nasdem ini unggul 32,26 persen (SMRC) dan 33 persen (LSI) dari tiga pasangan lain, yaitu TB Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan pasangan petahana Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Posisi kedua perolehan suara diraih pasangan yang didukung oleh PAN, Partai Gerindra, dan PKS, yaitu Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan 29,58 persen suara (SMRC) dan 28 persen (LSI Denny JA).

Sementara pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menempati posisi ketiga dengan perolehan suara 25,38 persen (SMRC) dan 26,1 persen (LSI), disusul TB Hasanuddin-Anton Charliyan yang mendapat 12,77 persen suara (SMRC) dan 13 persen (LSI).

Usai mencoblos pada Pilkada hari ini, Ridwan Kamil mengaku optimistis bisa memenangkan kontestasi Pilgub Jabar.

"Kalau optimistis yah optimistis," ujar Ridwan Kamil usai melakukan pencoblosan di TPS 21 Cigadung, Kota Bandung, Rabu (27/6/2018).

Kandidat nomor urut satu ini menyatakan optimistis berkaca pada beberapa hasil survei yang menempatkan Wali Kota Bandung tersebut berada di posisi teratas dibanding tiga calon lainnya.

Ia berharap apa yang ditampilkan lembaga survei tersebut bisa bertahan hingga penetapan pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat.

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul memang memiliki elektabilitas paling tinggi dalam beberapa kali survei yang dilakukan SMRC.
Menurut hasil riset SMRC, pasangan bernama Rindu ini mendapat dukungan 43,1 persen suara jika pemilihan digelar ketika proses survei dijalankan.

Adapun dari sisi wilayah, data rilisan SMRC mengungkapkan bahwa Ridwan-Uu sementara unggul pada lima dari enam zona wilayah di Jawa Barat. Keunggulan pasangan ini terutama di Zona 1 (Bandung Raya) dan Zona 6 (Tasik, Ciamis, Garut, Banjar, Kuningan, Pangandaran).

Sedangkan pesaing terberatnya, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi unggul pada Zona 4 (Bekasi, Karawang, Purwakarta).

Meskipun demikian, analisis SMRC menyebut bahwa ada 29-34 persen pemilih yang berpotensi besar mengubah pilihannya saat Pilkada berlangsung pada hari ini. Perubahan dukungan secara signifikan terjadi dan bergantung pada efektivitas kampanye masing-masing kandidat.


Baca juga artikel terkait PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight