Review Film Korea PAWN: Soal Lintah Darat yang Rawat Anak Jaminan

Oleh: Muhammad Agung - 5 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film komedi ini menceritakan tentang dua rentenir yang memutuskan merawat gadis kecil, anak yang dijadikan jaminan utang orang tuanya.
tirto.id - Pawn menjadi salah satu film Korea yang patut ditonton karena chemistry antara pemeran utamanya. Film komedi ini dibintangi oleh aktor veteran Sung Dong Il, Ha Ji Won, Kim Hee Won, dan aktris cilik Park So Yi.

Sinopsis Film Pawn


Pada tahun 1993, dua rentenir Doo Seok (Sung Dong Il) dan Jong Bae (Kim Hee Won) mengejar Myung Ja (Kim Yun Jin) yang telah meminjam uang dari mereka.

Karena Myung Ja tidak mempunyai uang untuk segera membayarnya, lantas mereka mengambil putri Myung Ja, Seung Yi yang masih berusia 9 tahun sebagai jaminan.


Namun, tak lama kemudian, Myung Ja malah ditangkap polisi karena ia adalah seorang imigran gelap. Myung Ja lantas dipulangkan ke negara asalnya.

Sehingga, kedua pria itu memutuskan merawat Seung Yi yang masih kecil tersebut. Pertemuan mereka yang tak terduga dan tidak direncanakan berubah menjadi hubungan yang hangat, dan ketiganya tumbuh memiliki ikatan khusus.

Seung Yi juga bisa merasakan bangku sekolah usai Doo Seok mengangkatnya menjadi anak. Sejak itu, Seung Yi memanggil Doo Seok dengan sebutan ayah.

Namun, saat Seung Yi (Ha Ji Won) berada di bangku kuliah, ia kehilangan Doo Seok. Doo Seok yang saat itu mengalami kecelakaan lalu lintas seolah menghilang di telan bumi.

Sejak saat itu, Seung Yi dan Jong Bae berusaha menemukan Doo Seok. Teknik penceritaan dengan alur maju-mundur ini membuat penonton dapat memahami filmnya dengan baik.

Dalam film ini, chemistry antara Sung Dong Il dan Kim Hee Won sangat menonjol, karena hubungan mereka terasa sangat alami. Ditambah, kemunculan Seung Yi kecil yang diperankan oleh aktris Park So Yi menambah kehangatan dalam film.

Untuk memainkan karakter Seung Yi, Park So Yi telah berhasil mengalahkan 300 kontestan lainnya selama audisi Pawn berlangsung.

Hasilnya, Park So Yi mampu memainkan karakter Seung Yi dengan cemerlang berkat mimik wajah, tatapan mata dan gerak geriknya. Karena itu, Park So Yi berhasil menunjukkan potensinya sebagai aktris berbakat.

Sementara, dalam film ini, aktor Kim Hee Won sangat tampil berbeda. Biasanya ia memainkan karakter antagonis yang keji di dalam film atau drama.

Namun, di film Pawn, ia memainkan peran sebagai lintah darat yang lugu dan lucu. Dengan pembawaannya yang lembut, Kim Hee Won bisa membuktikan bahwa ia tidak hanya menguasai peran antagonis. Pawn menjadi bukti bahwa cakupan peran Kim Hee Won sangatlah luas.

Pawn diproduksi oleh JK Film dan didistribusikan oleh CJ Entertainment. JK Film sendiri dikenal dengan sejumlah film yang emosional, seperti Keys to the Heart, The Himalayas, Dancing Queen, dan Ode to My Father.

Film Pawn bisa menjadi pilihan untuk menjadi tontonan yang sempurna bersama keluarga Anda di rumah.

Pawn yang telah dirilis pada 29 September 2020 ini berhasil tayang di 1.342 layar bioskop dan berhasil menggaet 1,7 juta penonton dengan pendapatan mencapai 13,5 juta dolar Amerika Serikat (AS).


Baca juga artikel terkait FILM KOREA atau tulisan menarik lainnya Muhammad Agung
(tirto.id - Film)

Kontributor: Muhammad Agung
Penulis: Muhammad Agung
Editor: Maria Ulfa
DarkLight