Respons Klopp Usai Liga Inggris Ditunda Jelang Liverpool Juara

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim, tirto.id - 14 Mar 2020 20:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jurgen Klopp menulis surat terbuka kepada suporter Liverpool terkait keputusan penyelenggara Premier League untuk menghentikan sementara Liga Inggris.
tirto.id - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memberi pesan kepada suporter The Reds terkait penundaan Liga Inggris karena pandemi virus corona (COVID-19).

"Saya tidak berpikir ini momen di mana pikiran seorang manajer sepak bola penting, tetapi saya mengerti para suporter kami ingin mendengar sesuatu dari tim dan saya akan memimpinnya," tulis pelatih berkebangsaan Jerman itu dalam surat terbuka di laman resmi klub dimuat pada Jumat (13/3/2020).

Eks manajer Borussia Dortmund tersebut berpesan agar para suporter saling melindungi satu sama lain dalam masyarakat yang sedang menghadapi krisis. Juga, Klopp meminta suporter untuk mengikuti anjuran ahli.


Terkait musim ini, pria berusia 52 tahun tersebut mengaku sebetulnya tidak mengharapkan laga tanpa penonton atau kompetisi ditunda. Tetapi, ia menegaskan, kesehatan masyarakat harus didahulukan melebihi sepak bola.

"Saya sudah berkata sebelumnya bahwa sepak bola seperti hal terpenting dari hal-hal kurang penting. Hari ini, sepak bola dan pertandingan sepak bola sungguh-sungguh tidak penting," tulisnya.

Klopp pun menyatakan dukungannya terhadap penundaan kompetisi. Ia menegaskan motif penundaan tersebut yang ingin menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat.

Eks pemain Mainz ini mendoakan pemain dan pelatih lawan yang terinfeksi Covid-19, juga sejumlah klub yang terpaksa menjalankan prosedur isolasi sebagai antisipasi. Klopp menggarisbawahi bahwa virus ini dapat menyerang siapa pun.


Dalam suratnya, Klopp menulis kelanjutan musim ini belum perlu dibicarakan. Ia mengaku bahwa Liverpool di atas lapangan adalah tanggung jawabnya. Namun, tulis Klopp, saat ini lebih penting untuk saling menjaga dan mengikuti anjuran ahli.

"Tolong jaga diri Anda dan saling menjaga satu sama lain. Anda tidak pernah berjalan sendirian," pungkas Klopp.

Pada Jumat (13/3/2020) lalu, Premier League bersama English Football League, Football Association, dan Women's Super League mengumumkan penundaan kompetisi sepak bola Inggris hingga setidaknya 3 April 2020. Keputusan tersebut menyusul virus Corona yang semakin menyebar di Inggris.

Di ranah sepak bola Inggris, virus Corona pun telah menyerang pelatih Arsenal, Mikel Arteta dan pemain Chelsea, Callum Hudson-Odoi. Selain itu, Everton, Bournemouth, dan Lecester City dilaporkan menjalani isolasi mandiri usai pemainnya menunjukkan gejala yang konsisten dengan Covid-19. Bek kiri Manchester City, Benjamin Mendy pun melakoni isolasi mandiri setelah kontak dengan anggota keluarganya yang tertular Covid-19.

Liverpool di tabel klasemen kukuh di posisi puncak mengemas 82 poin (29 laga) atau berjarak 25 angka dari Manchester City (28 laga) yang menguntit di posisi runner-up. Klub bermarkas di Anfiled itu hanya membutuhkan enam poin lagi untuk memastikan trofi Premier League pertama mereka.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ibnu Azis

DarkLight