Respons Hasil Quick Count, Jokowi: Kita Tunggu Perhitungan KPU

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo memberikan respons terkait hasil quick count sejumlah lembaga survei. Ia meminta sejumlah pihak untuk menunggu hasil perhitungan KPU.
tirto.id - Capres Nomor Urut 01 Joko Widodo memberikan respons terkait hasil quick count sejumlah lembaga survei. Ia meminta sejumlah pihak untuk menunggu hasil perhitungan KPU.

"Sudah beredar hasil exit poll dan quick count, tapi kita harus bersabar menunggu perhitungan dari KPU," kata Jokowi di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat.

Selain memberi respons terhadap hasil quick count, Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak termasuk TNI dan Polri atas kelancaran Pilpres dan Pileg 2019.

Ia pun meminta kepada semua masyarakat Indonesia untuk kembali menjaga persatuan dan kesatuan selepasa Pemilu 2019 ini.

"Marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan tanah air setelah pilpres, merawat persatuan dan kerukunan kita," kata Jokowi.

Sebelum pemungutan suara Pilpres 2019 digelar, kedua pasangan calon (paslon) sudah melakukan kampanye sejak 23 September 2018 sampai 13 April 2019.

KPU sebagai pihak penyelenggara akan melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil Pilpres tingkat nasional pada 18 April 2019 sampai 22 Mei 2019. Presiden dan wakil presiden terpilih akan mengucap sumpah dan janji pada 20 Oktober 2019.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan