Rekrutmen Bank Indonesia 2019: Syarat Dokumen & Tahapan Tes PCPM

Oleh: Yantina Debora - 14 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Syarat dokumen, tahapan dan jenis seleksi PCPM Bank Indonesia periode September 2019.
tirto.id - Bank Indonesia (BI) membuka lowongan berkarir melalui jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM). Pendaftaran dibuka mulai 14-19 September 2019.

PCPM merupakan Pendidikan Calon Pegawai Muda, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.

Lowongan BI ini dibuka untuk lulusan S1 dan S2. Pendaftaran bisa dilakukan melalui portal https://pcpm34rekrutmenbi.id.

Cara mendaftar lowongan Kerja BI ini dengan mengklik tombol “Registrasi”. Lalu mengisi nama lengkap, alamat email, nomor KTP dan password.

Selanjutnya, membuka email yang sudah didaftarkan dan klik link untuk verifikasi akun. Masuk ke akun dengan mengisi alamat email dan password. Terakhir, lengkapi formulir aplikasi online dan upload dokumen pendukung.


Dokumen yang diunggah (upload) pada saat pendaftaran online antara lain:
1. Scan identitas diri (KTP) – mandatory;
2. Scan ijazah atau Surat Keterangan Lulus - mandatory;
3. Scan transkrip nilai - mandatory;
4. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
5. Scan sertifikat bahasa yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikat keahlian (apabila ada).

Jika selesai mendaftar, panitia rekrutmen BI akan melakukan mengecek semua kelengkapan dokumen yang disyaratkan.

Tahapan seleksi PCPM BI terdiri dari Seleksi Administrasi; Seleksi tes potensi dasar (TPD) dan Person-Organization Fit (POF) serta Seleksi tes pengetahuan umum (TPU); tes pengetahuan kebanksentralan (TPK); dan tes bahasa Inggris.

Selanjutnya Seleksi psikologi, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara psikologi; Seleksi tes kesehatan dan tes psikiatri; Wawancara akhir; dan Pra leadership forum dan leadership forum.

Hasil setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui email pcpmbi@sharedvis.co.id, SMS (PCPMBI) dan menu “Lamaran Saya” pada masing-masing kandidat serta melalui website rekrutmen BI.


Dalam rekrutmen PCPM ini, Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.

"Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted candidates) yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya," tulis BI.

Jenis Seleksi PCPM

Pelaksanaan seleksi PCPM dilakukan dalam dua jenis yaitu online dan offline. Seleksi secara online dilakukan pada tahapan: seleksi administrasi; seleksi tes potensi dasar dan POF, serta seleksi tes pengetahuan umum, tes pengetahuan kebanksentralan, dan tes bahasa Inggris.

Sementara, tahapan seleksi lainnya yakni: Seleksi tes psikologi, LGD, dan wawancara psikologi, tes kesehatan dan tes psikiatri, seleksi wawancara akhir, dan pra leadership forum dan leadership Forum, akan dilakukan secara offline atau pertemuan langsung.

Pelaksanaan seleksi secara offline atau pertemuan langsung dilakukan pada 10 kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin dan Makassar.

Peserta harus memilih salah satu kota dari 10 kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan tes offline.

"Khusus pelaksanaan pra leadership dan leadership forum akan dilaksanakan di Jakarta," tulis BI.

Baca juga artikel terkait PCPM BI 2019 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight