Rekor Pep Guardiola & Man City Usai Kemenangan di Derbi Manchester

Oleh: Audy Muhammad Lanta - 25 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pep Guardiola berhasil menciptakan rekor sebagai manajer pertama yang bisa meraih tiga kemenangan beruntun dalam tiga laga tandang perdana ke Old Trafford di Liga Inggris.
tirto.id - Pep Guardiola berhasil menciptakan rekor sebagai manajer pertama yang bisa meraih tiga kemenangan beruntun dalam tiga laga tandang perdana ke Old Trafford di Liga Inggris. Kemenangan Manchester City atas Manchester United dengan skor 0-2 pada Kamis (25/4/2019) menjadi kunci rekor baru sang juru taktik.

"Pep Guardiola telah menjadi manajer tim tamu pertama yang memenangkan tiga pertandingan Liga Premier pertamanya di Old Trafford. [Dalam laga dini hari tadi] City mencatatkan kemenangan 0-2 berkat gol dari Bernardo Silva dan Leroy Sane, yang mengikuti kemenangan 1-2 berturut-turut dalam dua musim sebelumnya," demikian keterangan di situs web Manchester City.

Bukan cuma Pep yang menorehkan sejarah. Manchester City juga demikian. Mereka menjadi tim tandang paling sukses di Old Trafford dalam era Premier League. City meraih 7 kemenangan, termasuk enam dalam delapan kunjungan terakhir ke stadion keramat tersebut. Dengan demikian, City kini unggul atas Chelsea yang menang 7 kali di Old Trafford di era Premier League.

“Kami bermain dengan banyak tekanan. Mereka bermain untuk kualifikasi Liga Champions. Setelah kalah 4-0 dari Everton, kami tahu para pemain mereka akan berkomitmen. Kami berhasil memenangkan pertandingan di babak kedua. Untungnya kami membuat babak kedua yang luar biasa," ujar Pep Guardiola dikutip dari BBC.

Bernando Silva menjadi man of the match versi Whoscored dalam laga City kontra United. Ia tercatat melesatkan 3 kali tembakan, dan dua di antaranya mengarah ke gawang MU, dan salah satu tendangannya menciptakan sebuah gol. Ia juga tercatat menyentuh bola sebanyak 70 kali dengan akurasi umpannya sebesar 79,3%, sekaligus membuat pemain Portugal tersebut diberi nilai oleh Whoscored sebesar 8,29.

Manchester City tidak hanya mencetak satu rekor dalam Derbi Manchester kali ini. Mereka juga memecahkan rekor total gol terbanyak sebuah klub Liga Inggris dalam satu musim kompetisi, dengan total sudah mencetak sebanyak 157 gol di semua kompetisi musim ini. Catatan ini menyalip rekor mereka sendiri pada musim 2013/14 di era Manuel Pellegrini dengan 156 gol.

Mengingat masih ada empat pertandingan lagi di sisa musim Manchester City, yaitu tiga Liga Inggris dan satu di final Piala FA, rekor tersebut kemungkinan besar bertambah. Selain itu, City juga bisa meraih tiga gelar domestik, setelah memenangi Piala Liga Inggris pada Februari 2019 lalu.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Audy Muhammad Lanta
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Audy Muhammad Lanta
Editor: Fitra Firdaus