Rekor Neil Etheridge, Pemain Asia Tenggara Pertama di Liga Inggris

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kiper timnas Filipina, Neil Etheridge melakoni debut Liga Inggris dalam laga Bournemouth vs Cardiff City, Sabtu (11/8/2018).
tirto.id - Kiper Cardiff City asal Filipina, Neil Etheridge resmi menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang bermain di Liga Primer Inggris. Kiper timnas Filipina itu melakoni debut di laga Bournemouth vs Cardiff City, Sabtu (11/8/2018).

“Saya sangat bangga sebagai orang Filipina—atau setengah Filipina, setengah Inggris—dan mewakili negara Filipina,” ucap penjaga gawang berusia 28 tahun tersebut dikutip laman resmi Liga Primer Inggris.

Kiper timnas Filipina itu pun melakoni debut dengan catatan apik. Etheridge mencatatkan rekor sebagai kiper debutan Liga Inggris pertama sejak Allan McGregor (Hull City vs Chelsea, Agustus 2013) yang berhasil mementahkan tendangan penalti. Di laga kontra Bournemouth, Etheridge berhasil mementahkan eksekusi penalti Callum Wilson pada menit ke-34.

Menanggapi debutnya, Neil Etheridge mengaku bangga dengan statusnya sebagai pemain asal Asia Tenggara.

“Tentu saja, itu fantastis. Adalah sebuah kehormatan besar bisa ikut memajukan sepakbola Asia Tenggara—dan sepakbola Asia secara keseluruhan—tampil ke depan,” tutur Etheridge dikutip laman resmi Cardiff City.

Kendati melakoni debut apik, klub yang dibela Neil Etheridge harus mengakui keunggulan Bournemouth di kandang lawan. Berlaga di Stadion Vitality (11/8), Cardiff City dikalahkan dengan skor 0-2. Masing-masing gol Bournemouth dicetak oleh Ryan Fraser dan Callum Wilson.

Neil Etheridge menyatakan timnya tetap tegak berjalan meski tumbang di pekan perdana Liga Inggris, dan fokus pada pertandingan yang dihadapi. Setelah berjumpa Bournemouth, skuat asuhan Neil Warnock akan menjamu Newcastle United di Stadion Cardiff City, Sabtu (18/8) pukul 18.30 WIB.

“Sekarang, kami jalan terus bersama-sama untuk pekan selanjutnya dan kami bersiap untuk itu [lawan Newcastle]. Laga kandang akan krusial bagi kami musim ini. Kami belajar beberapa hal hari ini (11/8), tapi kami juga mendapat banyak hal positif dari [laga kontra Bournemouth] itu,” tambah kiper dengan 57 caps bersama timnas Filipina tersebut.

Neil Etheridge sendiri berperan penting dalam membawa Cardiff City promosi ke Liga Primer Inggris. Kiper timnas Filipina itu melakoni 45 laga Championship bersama Cardiff dan mencatatkan 19 kali clean sheets. Dalam debut lawan Bournemouth, Etheridge juga membuat dua penyelamatan dari empat tembakan tepat sasaran yang mengarah ke gawangnya.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live