Rekomendasi HP Android Harga Kurang dari Rp1 Juta buat Lebaran 2021

Oleh: Ibnu Azis - 11 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Samsung Galaxy A01 Core, Nokia C1, Advan Nasaplus, dan Redmi Go adalah beberapa HP android dengan harga kurang dari Rp1 juta.
tirto.id - Lebaran 2021 tinggal hitungan hari. Jika berminat membeli HP Android baru dengan harga kurang dari Rp1 juta untuk menemani momen spesial di hari kemenangan, berikut ini beberapa rekomendasi ponsel murah yang bisa Anda pertimbangkan.

Dengan harga kurang dari Rp1 juta maka secara otomatis perangkat yang dimaksud adalah HP Android kelas entry-level atau ponsel tingkat pemula. Di kelas ini, fungsi utama perangkat itu untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi.

Meski begitu, beberapa ponsel yang direkomendasikan tetap dibekali spesifikasi mumpuni, seperti kapasitas baterai besar, penyimpanan internal lega, kamera ditunjang LED Flash, hingga fitur standar macam FM Radio.

Berikut ini empat HP Android dengan harga kurang dari Rp1 juta yang direkomendasikan, yang informasi harganya dikutip dari official store masing-masing di ecommerce per 11 Mei 2021.

Samsung Galaxy A01 Core

Saat diperkenalkan pertama kali pada Juli 2020, Samsung Galaxy A01 Core dibanderol dengan harga resmi Rp1.099.000. Kini, harga ponsel ini telah mengalami penyesuaian menjadi Rp929.000.

Galaxy A01 Core ditenagai prosesor Mediatek MT6739 dengan RAM 1GB dan ROM 16GB. Ponsel ini juga dibekali layar 5,3 inci IPS beresolusi HD+ serta kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP.

Samsung Galaxy A01 Core hadir dalam tiga pilihan warna, yakni hitam, biru dan merah, serta desain rhytmical dengan ketebalan 8.6 mm yang di dalamnya terdapat baterai 3.000 mAh.

Galaxy A01 Core hadir dengan sistem operasi Android Go yang memberikan efisiensi dalam penggunaan kuota internet agar lebih hemat. Misalnya, Youtube Go yang merupakan versi ringan dari Youtube.

Selain itu ada pula Google Maps Go, Gmail Go hingga Google Go.

Nokia C1

Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada September 2020, Nokia C1 dipasarkan seharga Rp849.000. Sekarang, harga ponsel murah ini lebih terjangkau lagi, yakni sebesar Rp799.000 setelah mengalami penyesuaian.

Nokia C1 menggunakan RAM sebesar 1GB, diimbangi dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB yang dapat diperluas dengan kartu memori hingga 64GB. Perangkat yang mendukung jaringan 3G ini didukung chip quad-core 1.3GHz dan berjalan dengan sistem operasi Android 9 Pie Go Edition.

Nokia C1 dapat digunakan untuk dua kartu SIM ukuran nano dan memiliki satu slot untuk kartu Micro SD. Layar sentuh 5,45 inci ponsel ini menggunakan panel IPS resolusi FWVGA+, dikemas dalam bodi ponsel berbahan polikarbonat.

Untuk kamera, Nokia C1 memiliki satu kamera belakang resolusi 5MP bukaan f/2.4, dan satu LED Flash. Sementara di depan, ponsel ini juga memiliki satu kamera 5MP dan LED Flash.

Nokia C1 menggunakan baterai yang dapat dilepas, berdaya 2.500mAh, yang dapat diisi ulang dengan kabel Micro USB.

Advan Nasaplus

Advan Nasaplus dirilis pada Oktober 2020 yang saat itu dipasarkan seharga Rp899.000. Kini, harga ponsel ini menjadi Rp799.000 di toko daring resminya di ecommerce.

Ponsel entry-level ini dikemas dalam perangkat dengan layar berukuran 5,5 inci. Advan Nasaplus menggunakan RAM 2GB dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB yang dapat diperluas dengan kartu memori hingga 128GB.

Advan Nasaplus didukung baterai berkapasitas 3.000mAh dan pengeras suara yang menggunakan teknologi K Power Amplifier.

Untuk kamera, Advan membekali gawai ini dengan kamera belakang 5MP dan 0,3MP, sementara di depan terdapat sensor beresolusi 2MP.

Redmi Go

Redmi Go adalah ponsel murah dari Xiaomi yang berbasis sistem operasi ringan, yakni Android Go. Ponsel ini dipasarkan sejak Maret 2019 dengan harga Rp899.000 (1GB + 8GB).

Redmi Go berjalan dengan Android Go berbasis Oreo yang menargetkan orang yang baru beralih ke ponsel pintar.

Ponsel ini mengusung layar 5 inci dari panel LCD, dengan rasio perbandingan layar 16:9. Redmi Go ditenagai chipset dari Qualcomm, Snapdragon 425 didukung CPU Adreno 308.

Xiaomi menyediakan dua varian RAM untuk Redmi Go yaitu konfigurasi 1GB + 8GB dan 1GB + 16GB, yang dapat ditingkatkan hingga 128GB dengan kartu memori.

Xiaomi menyematkan sensor 8MP di kamera belakang Redmi Go, dengan bukaan f/2.0, sementara kamera selfie sebesar 5MP.

Stok Redmi Go saat ini sedang kosong di beberapa Xiaomi Official Store di ecommerce termasuk Mi.co.id. Namun, masih ada pelapak yang menjualnya tetapi dengan harga sedikit lebih mahal.


Baca juga artikel terkait HP ANDROID atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight