Rekam Jejak Max Sopacua: Penyiar TVRI Hingga Politikus Demokrat

Oleh: Alexander Haryanto - 17 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Nama Max Sopacua mulai dikenal khayalak ramai saat ia menjadi penyiar berita olahraga di TVRI.
tirto.id - Max Sopacua meninggal dunia pada hari ini, Rabu, 17 November 2021. Eks petinggi Partai Demokrat ini mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta setelah dirawat 17 hari. Sebelumnya ia sempat dirawat di RSUD Bogor selama 14 hari.

Kabar duka itu disampaikan oleh anak Max bernama Ferro Sopacua. Menurut dia, sang ayah meninggal sekitar pukul 05.53 WIB. Selama empat sampai lima hari belakangan ini, kondisi Max memang menurun, bahkan diduga ada indikasi kanker di paru-paru.

Max telah disemayamkan di rumah duka di Gang Kepatihan RT02/RW01, Kelurahan Kebon Kelapa, Kabupaten Bogor Tengah pada pukul 10.00 WIB untuk salat. Rencananya jenazah Max akan dimakamkan di Gang Sadar, Ciomas, Kabupaten Bogor.


Jejak Karier Max Sopacua

Nama Max Sopacua mulai dikenal khayalak ramai saat ia menjadi penyiar berita olahraga di TVRI. Di era 1980 dan 1990-an, wajahnya pun kerap menghiasi layar kaca sebagai penyiar berita olahraga.

Petrik Matanasi dalam artikel "Max Sopacua, Politikus Demokrat yang Dulunya Penyiar Olahraga TVRI" menuliskan, selain berprofesi sebagai penyiar, ia pernah menjadi produser. Sesuatu pencapaian yang baik di bidang pertelevisian.

Selain itu, Max juga pernah aktif di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Setelah Soeharto diturunkan dari kursinya sebagai presiden, Max Sopacua pun tidak pernah terlihat membaca berita olahraga di TVRI lagi.

Infografik Max Sopacua
Infografik Max Sopacua. tirto.id/Sabit


Ia pun pernah tercatat bergabung sebagai anggota Asia Pasific Broadcasting Union (APBU). Kemudian, pernah jadi Sekretaris Jenderal Forum Rekonsiliasi & Rehabilitasi Maluku. Tetapi, ia akhirnya memilih menjadi politikus dan bergabung dengan Demokrat, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kini diketuai oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Melalui Partai Demokrat, di tahun 2004, Max pernah anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari dapil Jabar V Bogor. Pada 2009 Max terpilih lagi sebagai anggota DPR RI. Di Partai Demokrat, Max juga sempat memegang posisi penting.

Dia pernah menjadi Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat dari 2002 hingga 2005. Dari 2005 hingga 2010, pernah pula dia menjadi Ketua Bidang Pendidikan, Penduduk, Kominfo DPP Partai Demokrat.

Setelah lama tak terdengar, namanya kambali muncul sebagai penggerak KLB di Deli Serdang pada Maret 2021 dan sempat beberapa kali hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk mengikuti sidang-sidang sengketa antara kelompok KLB dan DPP Partai Demokrat.

Meskipun Max sempat berkonflik dengan SBY dan AHY, tetapi anaknya Ferro mengatakan, kalau keduanya sudah menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga. "Beliau juga memaafkan Pak SBY dan Alhamdulillah juga dari tadi pagi sudah ada utusan statemen dari Pak SBY dan Mas AHY dan itu kami terima kasih sekali," kata Ferro.


Baca juga artikel terkait MAX SOPACUA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight