Registrasi Akun LTMPT SNMPTN 2020 Diperpanjang Sampai 9 Januari

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 7 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2020 diperpanjang sampai tanggal 9 Januari pukul 17.00 WIB.
tirto.id - LTMPT atau Lembaga Masuk Perguruan Tinggi memperpanjang waktu registrasi akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id hingga 9 Januari 2020 pukul 15.00 WIB. Perpanjangan ini tertuang dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 01/SE.LTMPT/2020 yang disiarkan pada Selasa (7/1/2020) sekitar pukul 18.10 WIB.

Menurut surat yang ditandatangani Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih itu, perpanjangan dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada kepala sekolah maupun siswa untuk ikut serta dalam SNMPTN.

Selain itu, menurut LTMPT, hingga Selasa hari ini, masih banyak siswa maupun sekolah yang belum melakukan finalisasi atau mempermanenkan data dalam tahapan registrasi akun LTMPT.

"Maka registrasi akun LTMPT yang sedianya ditutup 7 Januari 2020 diperpanjang sampai dengan 9 januari 2020 pukul 17.00 WIB. Mengingat sempitnya waktu, dimohon sekolah dan siswa segera melakukan finalisasi/mempermanenkan registrasi akun LTMPT jika data sudah benar," demikian tertulis dalam Surat Edaran.

Berdasarkan pengamatan Tirto pada Selasa pukul 18.00 WIB, portal LTMPT belum bisa diakses. Hal ini pun menjadi keluhan sejumlah warganet di media sosial. Mereka melaporkan portal LTMPT yang masih belum bisa diakses. Warganet berharap tidak hanya waktu yang diperpanjang, tetapi juga situs web yang diperbaiki.

Registrasi akun LTMPT merupakan kebijakan baru penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 yang disebut Single Sign On (SSO). Tak hanya untuk SNMPTN, kebijakan ini juga berlaku untuk UTBK dan SBMPTN. Setiap sekolah dan siswa harus memiliki akun di LTMPT untuk bisa mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN 2020.

SSO merupakan tahap awal pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020. Kebijakan ini mewajibkan setiap peserta memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman portal.ltmpt.ac.id.

Registrasi akun LTMPT telah dibuka sejak 2 Desember 2020. Setiap sekolah dan siswa yang hendak mengikuti SNMPTN 2020 wajib punya akun LTMPT agar bisa melakukan pendaftaran SNMPTN.

Untuk melakukan pendaftaran ini, sekolah dan siswa harus mengunjungi situs web portal.ltmpt.ac.id. Setelah itu, akan ada pilihan daftar untuk Sekolah dan Siswa.

Pilih menu sekolah jika Anda adalah kepala sekolah atau operator sekolah yang memiliki NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS. Pilih menu Siswa ini jika Anda adalah siswa yang memiliki NISN.

Untuk mendapatkan akun sekolah di LTMPT, masukkan kombinasi NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS.Untuk mendapatkan akun siswa di LTMPT, masukkan kombinasi NISN, NPSN, dan tanggal lahir.

NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Untuk mengecek NPSN, bisa dilakukan lewat cara sebagai berikut ini.
  1. Buka laman referensi.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Master Pendidikan
  3. Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  4. Klik nama provinsi
  5. Klik nama kabupaten
  6. Klik nama kecamatan
  7. Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah
  8. Angka NPSN juga bisa diklik untuk mengetahui alamat detail sekolah
Sementara itu pendaftaran akun LTMPT untuk siswa membutuhkan NISN, yaitu Nomor Induk Siswa Nasional. Untuk bisa mengecek NISN bisa dilakukan dengan cara berikut ini.
  1. Akses laman nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Siswa (kiri layar)
  3. Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama
  4. Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu
Apabila sampai 9 Januari 2020 siswa atau sekolah belum atau tidak melakukan registrasi untuk kepentingan pendaftaran UTBK dan SBMPTN, registrasi akan dilayani lagi tanggal 7 Februari-5 April 2020.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra

Fotografer:Agung DH
DarkLight