Redmi 9T vs Poco M3: Perbandingan dari Spesifikasi dan Harga

Oleh: Ibnu Azis - 17 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Redmi 9T usung spesifikasi tak jauh berbeda dengan Poco M3. Mana yang cocok untuk Anda?
tirto.id - Kehadiran Redmi 9T secara tak langsung menantang eksistensi Poco M3 lantaran di atas kertas mereka menawarkan spesifikasi setara. Jika dua jagoan entry-level Xiaomi ini dibandingkan, mana yang lebih unggul?

Poco M3 resmi diperkenalkan di Indonesia pada 21 Januari lalu. Redmi 9T sendiri baru akan diluncurkan di Tanah Air pada 22 Februari mendatang. Dilansir GSM Arena, dua perangkat ini usung spesifikasi nyaris identik.

Meski belum diungkap, spesifikasi Redmi 9T dapat dikulik dari versi global yang telah diumumkan pada awal 2021. Sementara yang berbeda di antara keduanya terletak pada modul kamera belakang, konfigurasi memori, dan konektivitas. Sisanya, tak jauh berbeda.


Perbedaan Spek Redmi 9T dan Poco M3

Redmi 9T unggul pada kamera belakang lantaran mengusung setelan quad-camera, terdiri dari 48MP wide, 8MP ultra-wide, 2MP macro, dan 2MP depth. Poco M3 juga menawarkan kemampuan kamera serupa tapi lensa ultra-wide absen di sini.

Kamera ultra-wide digunakan untuk membidik objek dengan sudut lebar hingga 120 derajat. Xiaomi mengatakan kamera ultra-wide 8MP di Redmi 9T mengakomodir kebutuhan foto grup dan bidikan lanskap lebar tanpa pemotongan.

Perbedaan berikutnya pada konfigurasi memori, yang mana Redmi 9T (versi global) menawarkan lebih banyak varian, yakni 4GB + 64GB, 4GB + 128GB, dan 6GB + 128GB. Poco M3 sendiri hanya tersedia dalam dua opsi, yakni 4GB + 64GB dan 6GB + 128GB.

Namun belum diketahui ada berapa varian Redmi 9T yang bakal masuk ke Indonesia. Berkaca dari peluncuran ponsel-ponsel sebelumnya, Xiaomi biasanya merilis ponsel baru di Tanah Air dalam dua varian. Untuk tipe tertentu bahkan cuma satu varian, misalnya, Mi 10T atau Mi 10T Pro.

Perbedaan yang terakhir pada konektivitas, yang mana Redmi 9T sudah mendukung Near Field Communication (NFC).


Spesifikasi Redmi 9T dan Poco M3 yang Sama

Pada panel, dua ponsel ini memakai tipe LCD IPS berdiagonal 6,53 inci beresolusi FHD+ yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3.

Jika Redmi 9T tersemat label "jawaranya baterai gede", hal yang sama semestinya berlaku pula untuk Poco M3, sebab ponsel ini juga dibekali baterai 6.000mAh dengan pengisian cepat 18W.

Soal performa, dua perangkat ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 662 yang dikombinasikan dengan prosesor hemat energi 11 nm. Kombinasi ini memberikan kinerja yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih rendah daripada generasi sebelumnya.

Persamaan berikutnya pada kamera depan. Baik Redmi 9T maupun Poco M3 masing-masing dibekali kamera selfie dengan sensor 8MP.

Lain itu, Redmi 9T dan Poco M3 juga dibekali fitur keamanan komplet macam sensor sidik jari yang terletak di samping atau menyatu dengan tombol power, dan AI Face Unlock untuk membuka kunci perangkat seketika menggunakan wajah.


Mana yang Harus Dipilih?

Redmi 9T cocok bagi mereka yang mencari ponsel untuk mengakomodir kebutuhan fotografi lantaran dibekali kamera komplet, termasuk hadirnya lensa ultra-wide. Namun bagi mereka yang fokus pada performa, Poco M3 bisa jadi pilihan. Secara teori untuk kinerja, dua perangkat ini tak jauh berbeda.

Peluncuran Redmi 9T di Indonesia rencananya dihelat secara virtual pada 22 Januari mendatang pukul 12.00 WIB bila tak terjadi perubahan jadwal. Acara ini dapat disaksikan secara live streaming melalui saluran YouTube Xiaomi Indonesia.

Dilansir GSM Arena, Redmi 9T versi global meluncur bersama dengan Redmi Note 9T yang sudah dibekali teknologi 5G, tapi belum diketahui apakah seri ini juga bakal masuk Indonesia atau tidak.


Baca juga artikel terkait REDMI 9T atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight