Rayakan Satu Dekade, Google Play Bagikan 10 Momen Favorit

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 29 Jul 2022 12:03 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Google Play merayakan kehadirannya selama satu dekade dengan berbagi 10 momen favorit.
tirto.id - Sejak kehadirannya satu dekade lalu, Google Play telah menemani jutaan penggunanya dengan berbagai momen menarik.

Masih ingat di tahun 2012 saat lagu “Call Me Maybe” berada di puncak tangga lagu, lagu “DoReMi” dari Budi Doremi baru saja dirilis, Android dengan misinya untuk membuat komputasi seluler dapat diakses oleh semua orang, di mana saja baru berumur beberapa tahun.

Di tahun yang sama, terbuka juga pintu (digital) Google Play. Satu dekade kemudian, lebih dari 2,5 miliar orang di lebih dari 190 negara menggunakan Google Play setiap bulan untuk menemukan aplikasi, game, dan beragam konten digital.

Dan lebih dari 2 juta developer di seluruh dunia bekerja bersama kami untuk membangun bisnis mereka dan menjangkau orang-orang di seluruh dunia.

Dalam memperingati 10 tahun Google Play, berikut adalah 10 pencapaian dan fitur favorit kami dari dekade terakhir di Indonesia dan di seluruh dunia:

1. Cara baru untuk menikmati aplikasi dan game

Kami meluncurkan Google Play Points di Indonesia tahun lalu, yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk memperoleh poin dan reward dari pembelian dalam aplikasi, film, buku, langganan, dan aktivitas lainnya di Play Store; juga dapat menukarkan poin mereka dengan item khusus dan diskon di beragam aplikasi teratas yang tersedia pada waktu tertentu.

Sampai hari ini, lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia telah bergabung dengan program ini.

2. Perayaan aplikasi dan game favorit Anda

Setiap tahun, Google Play selalu memberikan Penghargaan Terbaik (Best Of Awards) tahunan, merayakan aplikasi, game, dan konten teratas lainnya.

Selama bertahun-tahun, inisiatif ini telah tersedia di 19 negara, termasuk Indonesia dan menambahkan kategori baru seperti “Best Hidden Gems” dan “Best Apps for Good.”

Kami juga memperkenalkan Penghargaan Pilihan Pengguna (Users’ Choice Award) sehingga orang - orang dapat memilih judul favorit dan mengenali pengembang yang membuat aplikasi dan game yang disukai.

Tahun ini, kami memperkuat dukungan kami dan merayakan pengembang lokal dengan membagikan rekomendasi kami di halaman sorotan #MadeinIndonesia di Google Play.

3. Mempercepat laju ekonomi digital Indonesia

Bekerja sama dan membantu komunitas developer untuk menghadirkan aplikasi dan game kepada orang-orang di seluruh dunia, menciptakan lapangan kerja baru, dan mendukung ekonomi lokal. Faktanya, 10.000+ developer Indonesia telah membangun bisnis di Google Play.

4. Membantu mengembangkan talenta digital Indonesia

Jutaan konsumen yang membuka Google Play untuk mencari aplikasi dan game berkualitas.

Sebagai wujud komitmen kepada Indonesia, kami memiliki berbagai inisiatif dan program pelatihan keterampilan untuk developer.

Dari Android Kejar, Bangkit, hingga Google Play Academy, sampai saat ini, inisiatif-inisiatif kami telah melatih 200 ribu developer secara nasional.

5. Peningkatan keterampilan untuk developers

Google Play telah berinvestasi untuk membantu komunitas developer mengembangkan bisnis mereka — termasuk memberikan konsultasi bisnis dan teknis serta mendukung studio kecil melalui upaya seperti program Indie Games.

Kunjungi Blog Android Developer untuk membaca tentang perjalanan kami bersama komunitas pengembang kami selama dekade terakhir selengkapnya.

6. Memberi developer alat-alat kelas dunia

Investasi pada Google Play memastikan bahwa developer memiliki akses ke alat-alat terbaru untuk membantu mengembangkan bisnis, seperti pengoptimalan listing di app store dan proses penyediaan aplikasi, pengujian beta, serta analisis.

Mendukung developer mengembangkan bisnis dengan menghubungkan mereka kepada 2,5+ miliar orang di seluruh dunia secara instan dan mudah.

7. Ruang aman dan terpercaya

Google Play Protect, perlindungan malware bawaan di Android, telah memindai dan memverifikasi lebih dari 100 miliar aplikasi di seluruh dunia setiap harinya untuk membantu menjaga perangkat, data, dan aplikasi tetap aman.

Dan awal tahun ini, Google juga merilis bagian keamanan data baru, di mana pengembang diwajibkan untuk memberikan lebih banyak informasi kepada orang-orang tentang cara aplikasi mereka mengumpulkan, membagikan, dan mengamankan data.

8. Sumber daya untuk orang tua

Kids tab di Google Play memudahkan para orang tua untuk menemukan dan memilih berbagai aplikasi yang telah “Disetujui oleh pengajar” dan diberi rating berdasarkan banyak faktor, seperti kesesuaiannya dengan umur anak, kualitas pengalaman saat aplikasi tersebut digunakan, serta unsur pengayaan dan hiburan.

Selain itu Family Link juga memberikan orang tua alat yang mereka butuhkan untuk tetap terlibat dan membantu mengelola pengalaman online anak-anak mereka.

9. Tampilan baru

Untuk melengkapi dekade ini, kami memperkenalkan logo baru yang lebih mencerminkan keajaiban Google dan cocok dengan pencitraan merek yang dibagikan oleh banyak produk kami yang bermanfaat — Penelusuran, Asisten, Foto, Gmail, dan lainnya.

Google Play mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, komunitas dan developer di Indonesia yang telah mempercayai Google Play selama 10 tahun ini.

Khusus memperingati ini, bagi yang telah tergabung ke Google Play Points, dapat mendapatkan 10x poin untuk semua pembelian dengan mengaktifkan booster poin.

Tanggal mulai promosi ini bervariasi menurut negara, kunjungi tab “Dapatkan” di Beranda Play Points untuk mempelajari lebih lanjut.


Baca juga artikel terkait 10 MOMEN FAVORITE GOOGLE PLAY atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight