PUBG Lite vs PUBG Mobile: 7 Perbedaan Game Battle Royale Tancent

Oleh: Ibnu Azis - 30 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
PUBG Mobile Lite hadir untuk mengakomodir pemilik smartphone dengan spesifikasi rendah.
tirto.id - PUBG Mobile Lite sudah bisa diunduh di Indonesia yang kehadirannya membawa angin segar bagi pemilik smartphone dengan spesifikasi terbatas. Dari data Play Store per Jumat (30/8/2019), game PUBG Mobile versi 'ringan' ini sudah di-download lebih dari 10 juta kali. Lantas, apa perbedaan PUBG Mobile Lite dengan PUBG Mobile reguler?

Seturut namanya, PUBG Mobile Lite merupakan versi 'ringan' dari PUBG Mobile. Artinya, ada beberapa hal yang dipangkas agar game ini dapat berjalan di smartphone dengan spesifikasi rendah, salah satunya fitur.

Berikut ini disajikan 7 perbedaan game battle royale populer buatan Tancent, PUBG Mobile Lite dan PUBG Mobile, guna memudahkan pengguna mengunduh game mana yang sesuai untuk perangkatnya, sebagaimana dilansir dari BGR.

1. 'Spek' Minimum Perangkat

PUBG Mobile Lite dapat berjalan mulus di perangkat dengan kapasitas RAM kurang dari 2GB. Terkait ruang penyimpanan, game ini memiliki kapasitas sekitar 400MB setelah instalasi. Adapun PUBG Mobile lebih dari itu.

PUBG Mobile akan berjalan sangat mulus di smartphone dengan spesifikasi tinggi, kaitannya dengan RAM, chipset, dan GPU, terlebih perangkat flagship. Meski begitu, kenyamanan gaming bisa disesuaikan dengan spesifikasi perangkat. Terkait ukuran, PUBG Mobile setelah diinstal akan memakan ruang sekitar 2GB.


2. Kualitas Grafis

Meski PUBG Mobile Lite dan PUBG Mobile dibangun menggunakan Unreal Engine 4, kualitas grafis di versi 'ringan' lebih rendah. Selain itu, di PUBG Mobile Lite tak ada pengaturan grafis, sedangkan di versi reguler tersedia setting untuk HD, Ultra HD, dan HDR. Kendati demikian, di PUBG Mobile Lite masih dijumpai opsi Smooth dan Balance.

3. Kuantitas Senjata


Di PUBG Mobile Lite hanya dimungkinkan membawa dua senjata saja. Dengan demikian, pemain harus mengatur strategi senjata apa saja yang harus dibawa setelah terjun dari pesawat. Ini berbeda dengan PUBG Mobile yang 'tanpa batas'.

4. Kuantitas Pemain

Sebagaimana diketahui bahwa PUBG Mobile mampu menampung 100 pemain dalam satu waktu atau di satu partai. Ini berbeda dengan di versi 'ringan' yang hanya dapat menampung 40 pemain. Di India dilaporkan Indian Express mampu memuat 60 pemain.

5. Peta

Poin ini masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, terkait kuantitas pemain. Lantaran hanya menampung pemain lebih sedikit, secara otomatis peta di PUBG Mobile Lite juga lebih kecil, tepatnya berukuran 2 x 2 kilometer saja, sedangkan PUBG Mobile mencapai 8 x 8 kilometer.


Ada sisi positif dari menyusutnya luas peta ini yakni membuat pertempuran berjalan lebih seru dan cepat. Perbedaan ini juga bukannya tanpa alasan, sebab terkait dari kapasitas game PUBG Mobile Lite itu sendiri yang memang jauh lebih rendah.

6. Time Limit

Jika di PUBG Mobile permainan dapat berlangsung dalam 20 menit sampai setengah jam, di PUBG Mobile Lite hanya berjalan sekitar 10 menit. Artinya, pemain harus mengatur strategi, lantaran tak hanya waktunya kian mepet tapi juga peta lebih kecil.

7. Server

Banyak yang berbeda antara PUBG Mobile Lite dan PUBG Mobile. Dengan demikian, server keduanya juga terpisah. Artinya, pemain PUBG Mobile Lite tentunya tak bakal bertemu atau bertempur dengan pemain dari PUBG Mobile.

Sebagai informasi, PUBG Mobile Lite juga jadi salah satu game Pilihan Editor Google Play Store untuk kategori Permainan Laga. Download PUBG Mobile Lite di sini untuk perangkat Android.

Adapun untuk spesifikasi game tersebut tak jauh berbeda, yakni kompatibel dengan versi Android 4.3 atau yang lebih tinggi dengan kapasitas mentah sekitar 40MB.

Baik PUBG Mobile Lite maupun PUBG Mobile juga menawarkan pembelian di dalam aplikasi atau in-app purchase dengan harga mulai Rp5.000 sampai dengan Rp1.409.217 per item.


Baca juga artikel terkait PUBG atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight