Menuju konten utama

PT Pos Promosikan Indonesia Lewat Prangko Asian Games

Prangko seri Asian Games akan diluncurkan sehubungan dengan penyelenggaraannya pada 2018 mendatang. Kota Palembang dan Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games yang akan diikuti 54 negara peserta.

PT Pos Promosikan Indonesia Lewat Prangko Asian Games
Salah satu bagian Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/2). Tiga stadion di Jawa Barat akan jadi arena pelaksanaan "test event" Asian Games 2018 untuk cabang olahraga sepak bola. Ketiga stadion yang ditunjuk sebagai arena sepak bola ialah Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, dan Stadion Pakansari Kabupaten Bogor. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

tirto.id - PT Pos Indonesia Sumatera Selatan mulai tahun 2017 berencana mengeluarkan prangko seri Asian Games XVIII/2018 untuk mempromosikan Indonesia sebagai negara penyelenggara.

Manajer Ritel dan Properti PT Pos Indonesia Regional Sumatera Selatan, Rodi Irawan mengatakan, melalui prangko ini PT Pos Indonesia akan membantu kota-kota penyelenggara yakni Palembang dan Jakarta untuk mempromosikan diri.

“Khusus prangko dari Palembang, PT Pos saat ini sedang mengamati tempat-tempat wisata yang dapat dijadikan tema prangko. Inspirasi saat ini sedang digali dari para seniman,” kata Rodi dikutip dari Antara pada Jumat (17/2/2017).

Untuk diketahui, Kota Palembang dan Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018 yang akan diikuti 54 negara peserta.

Ia mencontohkan seperti mengamati lukisan-lukisan yang ada di Festival Lukis “Palembang Bingen dalam Bingkai Emas” yang digelar di Balai Kota pada 10 Februari 2017.

Dalam pameran ini tergambar melalui beberapa lukisan, yakni wajah Kota Palembang tempo dulu yang demikian eksotik dan menawan.

“Kehidupan di bantaran Sungai Musi demikian menarik jika dijadikan prangko, ada kapal-kapal saudagar yang berjajar, serta adanya kesibukan di pasar terapung,” ucap Rodi.

Menurutnya, sampai saat ini prangko masih menjadi objek yang menarik kalangan pencinta prangko (filatelis). Meski saat ini kegiatan berkirim surat di masyarakat sudah berkurang, tapi prangko tetap mendapatkan pasarnya.

Untuk menjaga market ini, PT Pos konsisten meluncurkan prangko-prangko tematik disesuaikan dengan hari besar dan event besar di dalam negeri.

“Saat ini kegiatan berkirim surat menggunakan postcard masih ada di masyarakat, meski pasarnya sudah kecil sekali,” kata dia.

Berbagai sektor saat ini digenjot pertumbuhannya untuk memanfaatkan kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games, salah satunya yang menjadi prioritas yakni pariwisata.

Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan lainnya dari Yuliana Ratnasari

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari