PSSI Resmi Hentikan Sementara Liga 1 & Liga 2 2020 karena Covid-19

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
PSSI resmi menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 hingga waktu yang tidak ditentukan terkait pandemi Corona atau Covid-19.
tirto.id - PSSI secara resmi menghentikan sementara kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 sampai waktu yang tidak ditentukan. Keputusan ini diambil sesuai dengan arahan pemerintah terkait penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan instruksi lewat surat kepada PT LIB selaku operator kompetisi yang juga ditembuskan kepada Menpora, Ketua Umum Koni, dan seluruh klub peserta Liga 1 dan Liga 2.

“Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara waktu dihentikan,” ucap Moch. Iriawan dalam surat yang ditujukan untuk Direktur Utama PT LIB seperti dikutip laman resmi PSSI, Minggu (22/3).

“Pencabutan atas penghentian Shopee Liga 1 dan Liga 2 akan menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai penyebaran Covid-19 di Indonesia, yang akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI,” lanjutnya.


Sebelumnya, PSSI dan PT LIB hanya menunda kompetisi selama dua pekan sebagai tindak lanjut dari pandemi Corona. Akan tetapi, menilik situasi yang belum kondusif, badan sepak bola tertinggi di Indonesia itu pun mengambil keputusan tegas.

Tak hanya itu, Iriawan pun memerintahkan PT LIB untuk menyusun langkah-langkah terkait teknis serta administratif. Sementara beberapa klub Liga 1 seperti PSS Sleman, Persija Jakarta dan Madura United baru saja mengumumkan skuadnya libur dari aktivitas latihan hingga akhir Maret 2020.

“Menyusun kembali jadwal Shopee Liga 1 dan 2 dengan mempersiapkan hal-hal teknis serta administratif. Melakukan komunikasi dengan pihak keamanan terkait perubahan jadwal kompetisi. Membuat kajian manajemen keuangan di masing-masing klub dan LIB secara menyeluruh dalam kondisi terburuk,” kata Iriawan.

Dari laporan terbaru, per Minggu (22/3) terdapat total 514 yang terjangkit positif Corona di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 48 orang dinyatakan meninggal sementara 29 pulih.

“Per 22 Maret 2020 pukul 12.00 WIB, ada penambahan kasus baru sebanyak 64 orang sehingga total kasus adalah 514 orang,” tutur Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight