Menuju konten utama

Program Servis Mobil Gratis "Suzuki Peduli COVID" Hoaks

Tautan s.id/SuzukiPeduliCovid tentang servis gratis Suzuki adalah hoaks

Program Servis Mobil Gratis
Ilustrasi Suzuki. foto/istockphoto

tirto.id - Program servis gratis mengatasnamakan Suzuli beredar lewat pesan berantai. Namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan bahwa program yang ditawarkan melalui tautan s.id/SuzukiPeduliCovid adalah hoaks.

Melalui keterangan resminya, PT SIS menyatakan bahwa program tersebut bukan dari PT SIS dan dibuat tanpa persetujuan atau izin PT SIS, sehingga setiap informasi yang terdapat di dalamnya sama sekali tidak benar.

"Saat ini beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli COVID’ berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatkan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut," kata 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS, Riecky Patrayudha, Rabu (17/6/2020).

Pesan hoaks tersebut menawarkan perawatan mobil secara gratis meliputi beberapa layanan seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker dan hand sanitizer.

Namun, konsumen terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya.

Menurut Riecky, informasi resmi dari setiap program yang ditawarkan oleh pihaknya akan diberitahukan melalui surat resmi kepada semua diler, situs, dan media sosial resmi Suzuki Indonesia.

Ia melanjutkan, pihaknya telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

"Untuk itu, pada Selasa (16/6/2020), kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kami harap konsumen kami tidak tertipu dengan pesan hoaks tersebut," kata Riecky.

PT SIS menginformasikan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada website Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id) serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram).

Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan bebas pulsa 24 jam di Halo Suzuki (0800 1100 800) yang dapat konsumen Suzuki gunakan untuk memastikan setiap program (Sales, Service, dan Sparepart) yang ada di Suzuki.

Baca juga artikel terkait MOBIL

tirto.id - Otomotif
Sumber: Antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH