Program PLN Premium: Harga, Manfaat dan Kelebihannya

Reporter: - 20 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Harga, manfaat dan kelebihan menggunakan layanan PLN Premium dibanding yang biasanya.
tirto.id - PT PLN (Persero) membuka layanan PLN premium untuk memberikan pasokan listrik yang tinggi dan berkualitas untuk mendukung pelaku usaha dan sektor industri. PLN premium memberikan kemudahan bagi pelanggannya dengan memberikan suplai listrik dari dua sumber.

Apabila sumber utama mengalami gangguan, maka pasokan listrik secara otomatis akan disalurkan dari sumber yang lain kurang dari 3 detik, sehingga pelanggan tidak akan mengalami pemadaman listrik, seperti diwartakan Antara.

Senior Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan Unit Wilayah Induk Kalbar, Parulian Noviandri juga menegaskan bahwa apabila terjadi kekurangan daya, maka pelanggan PLN premium akan menempati urutan terakhir pemadaman.

PLN berkomitmen pemadaman ini terjadi maksimal sebanyak 5 kali dalam sebulan atau total durasi sebanyak 150 jam. Apabila gagal dalam memenuhi komitmen tersebut, PLN akan memberikan kompensasi kepada pelanggan sesuai kesepakatan.

Dalam hal biaya, PLN premium memiliki tarif yang bersaing dengan layanan reguler. Untuk dapat menikmati layanan PLN premium, pelanggan hanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp55,-/kWh atau sekitar 5 persen dari tagihan normal.

Selain unggul dalam pasokan listrik, PLN premium juga memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pelanggan dengan layanan account executive. Layanan ini memudahkan pelanggan melakukan koordinasi dengan PLN.

Sedangkan PLN reguler harus melalui layanan contact center 123 untuk koordinasi antara pelanggan dan PLN.

Melalui akun resmi @pln_123, pihaknya menerangkan bahwa layanan ini terbuka untuk semua pelanggan dengan tegangan rendah dan menengah, baik golongan perumahan, bisnis, maupun industri.

Kendati demikian, hingga saat ini pelanggan PLN premium didominasi oleh pihak-pihak industri, hotel, universitas, dan pusat perbelanjaan.

Dilansir Antara, salah satu pelanggan PLN premium di Kalimantan Barat adalah pusat perbelanjaan Ayani Mega Mall.

Menurut keterangan General Manager PT. Santosa Mitra Kalindo, Hendrawan, Ayani Mega Mall sudah menjadi pelanggan PLN sejak pertama kali berdiri hingga kini menjadi pelanggan PLN premium silver.

Menurutnya, banyak manfaat dari layanan PLN premium yang tentunya bermanfaat bagi pengunjung dan penyewa toko.

Sementara itu, baru-baru ini Pertamina EP Asset 5 Tanjung menggunakan layanan premium Super Ultima yang disediakan PLN. Sebelumnya Pertamina EP Asset 5 Tanjung menggunakan Captive Tower (pembangkit sendiri) berupa Gas Turbine Generator (GTG).

Dilansir dari PLN, Pertamina EP Asset 5 Tanjung merupakan pelanggan pertama diluar Jawa-Bali yang menggunakan layanan ini dengan daya sebesar 10.380 kilo Volt Ampere (kVA).

Layanan Super Ultima merupakan perpaduan antara layanan premium dengan perangkat khusus Diesel Rotary Uninteruptible Power Supply (DRUPS). Perangkat ini akan menjadi pengaman dan daya listrik utama apabila terjadi gangguan listrik dalam skala besar.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Sudirman mengatakan bahwa layanan Super Ultima menjamin kecilnya resiko pelanggan mengalami gangguan listrik atau pemadaman.


Baca juga artikel terkait PLN PREMIUM atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Hanafi
Editor: Yantina Debora
DarkLight