Profil Universitas Harvard, Stanford dan Ivy League School di Dunia

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 5 Maret 2019
Dibaca Normal 3 menit
Harvard University masuk dalam jajaran Ivy League School, sementara Stanford University kini berada di peringkat 3 dunia menurut Times Higher Educations (THE).
tirto.id - Maudy Ayunda, salah satu artis muda berbakat Indonesia, kemarin sempat menghebohkan warganet karena dua postingan Instagramnya.

Pemeran Kugy dalam film Perahu Kertas ini, baru saja mengungkapkan kebahagiaanya, karena diterima di 2 universitas bergengsi dunia, yaitu Harvard University dan Stanford University.

Melalui postingan di akun Instagram pribadinya @maudyayunda, artis berusia 24 tahun itu merasa dilema untuk memutuskan ke universitas mana kah ia harus melanjutkan pendidikannya.

"Beberapa hari yang lalu, saya menerima surat penerimaan saya di Universitas Harvard untuk program Magister Pendidikan. Saya sangat senang. Tetapi, ceritanya tidak berakhir di situ. Saat ini saya menghadapi dilema yang indah, karena saya juga mendengar kabar dari mimpi besar saya yang lain: diterima di program MBA Stanford," tulis Maudy di 2 potingannya, Senin (4/3/2019) kemarin.

Postingan tersebut mendapat banyak respons dari warganet. Hingga Selasa (5/3/2019), setidaknya sudah dibanjiri sekitar 12 ribu komentar dan 400 ribu tanda suka.

Sebelumnya, Maudy juga telah menyelesaikan studi S1-nya di Universitas Oxford, Inggris, jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics) pada 2013 lalu.

Melanjutkan studi di universitas top dunia memang menjadi mimpi bagi banyak orang. Selain seleksi yang begitu ketat dan sulit, bisa mendapat gelar dari universitas ternama juga menjadi kebanggan tersendiri.

Tak terkecuali Stanford University yang kini berada pada peringkat ke-3 dunia, dan Harvard University di peringkat ke-6 menurut Times Higher Educations (THE), serta masuk dalam jajaran top 8 Ivy League.

Melansir dari US News, The Ivy League merupakan sebuah asosiasi yang terdiri dari 8 universitas Amerika Serikat.

Istilah "Ivy League" mempunyai konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis. Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight (Delapan Sekolah Lama).

Sekolah Ivy League dianggap sebagai institusi pendidikan tinggi yang paling dicari di negara ini dan di seluruh dunia.

Ke-8 sekolah swasta Northeast ini terkenal karena proses penerimaannya yang sangat selektif, keunggulan akademik, dan peluang karier yang menjanjikan.

Seluruh anggotanya mempunyai ciri-ciri yang umum: mereka adalah universitas-universitas yang paling prestisius di AS dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top AS.

Lalu, apa saja Universitas Ivy League yang ada di dunia?

1. Princeton University

Universitas Princeton adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1746. Universitas ini memiliki total pendaftaran sarjana sebanyak 5.394, lokasinya berada pinggiran kota, dan ukuran kampusnya 600 hektar. Princeton berada di Peringkat 1 dalam Best Colleges edisi 2019.

Salah satu aspek unik dari program akademik Princeton adalah bahwa mahasiswa sarjana diwajibkan untuk menulis tesis senior, atau untuk siswa di beberapa departemen teknik, mengambil proyek independen.

Salah satu alumni yang terkenal yaitu Presiden A. Woodrow Wilson, model/aktris Brooke Shields dan mantan ibu negara Michelle Obama.

Menurut legenda Princeton, jika seorang siswa keluar dari kampus melalui FitzRandolph Gate sebelum lulus, ia mungkin dikutuk untuk tidak pernah lulus.

2. Harvard University

Universitas Harvard adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1636, yang terletak di Cambridge, Massachusetts, AS, dengan lahan Kampus seluas 5.076 hektar. Universitas Harvard berada di peringkat ke-2 dalam Best Colleges edisi 2019.

Melansir dari US News, Harvard terdiri dari 13 sekolah dan institut, termasuk Sekolah Bisnis dan Sekolah Kedokteran peringkat atas dan Sekolah Pendidikan Pascasarjana yang berperingkat tinggi, Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan, Sekolah Hukum dan John F. Kennedy Sekolah Pemerintahan.

Sistem perpustakaan Harvard yang luas menampung koleksi tertua di AS dan koleksi pribadi terbesar di dunia.

Delapan presiden AS lulus dari Harvard, termasuk Franklin Delano Roosevelt dan John F. Kennedy. Alumni terkenal lainnya termasuk Henry David Thoreau dan Helen Keller. Harvard juga memiliki dana abadi terbesar dari sekolah mana pun di dunia.

3. Columbia University

Universitas Columbia adalah lembaga swasta yang didirikan pada 1754, dan berada di peringkat 3 menurut Best Colleges edisi 2019.

Terletak di New York City, Columbia terdiri dari tiga sekolah sarjana - Columbia College, The Fu Foundation School of Engineering dan Applied Science dan School of General Studies - serta sejumlah sekolah pascasarjana dan profesional, termasuk Sekolah Bisnis yang berperingkat tinggi , Sekolah Guru, Sekolah Hukum dan Sekolah Dokter dan Ahli Bedah.

Universitas ini juga memiliki Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi dan Sekolah Jurnalisme pascasarjana. Columbia menawarkan berbagai kegiatan siswa, termasuk sekitar 25 bab Yunani, dan lebih dari 90 persen siswa tinggal di kampus.

Columbia berafiliasi dengan Barnard College untuk wanita, Union Theological Seminary dan Jewish Theological Seminary of America.

Alumni yang terhormat termasuk John Jay, pendiri dan ketua Mahkamah Agung pertama, dan mantan Presiden Barack Obama. Columbia juga mengelola Hadiah Pulitzer.

4. Yale University

Universitas Yale adalah lembaga swasta yang didirikan pada tahun 1701, dengan lahan kampus seluas 345 hektar.

Universitas Yale berada di peringkat 3 dunia menurut Best Colleges edisi 2019 adalah Universitas Nasional.

Universitas Yale, yang terletak di New Haven, Connecticut, terkenal dengan program drama dan musiknya yang luar biasa, yang menjangkau di luar kelas dengan organisasi mahasiswa seperti Yale Whiffenpoofs, kelompok cappella yang terkenal, dan Asosiasi Drama Yale.

Yale Bulldogs bersaing di Ivy League dan terkenal karena persaingan mereka dengan Harvard. Siswa ditugaskan untuk tinggal di salah satu dari 14 perguruan tinggi tempat tinggal selama masa mereka di Yale.

Setiap perguruan tinggi memiliki kepala dan dekan yang tinggal di kampus dan makan bersama siswa di ruang makan. Pusat budaya memberikan ruang bagi siswa untuk membangun rasa identitas budaya di kampus.

5. Stanford University

Universitas Stanford tidak masuk dalam jajaran 8 Ivy League. Namun institusi ini juga tak kalah bergengsi.

Didirikan pada 1885 oleh senator California Leland Stanford dan istrinya, Jane, dan terletak di dekat kota Palo Alto, California, Amerika Serikat tepat di jantung Lembah Silikon baik secara geografis maupun historis.

Melansir dari Stanford.edu, saat ini, Universitas Stanford terdiri dari tujuh sekolah dan 18 lembaga interdisipliner dengan lebih dari 16.000 siswa, 2.100 fakultas dan 1.800 sarjana postdoctoral.

Stanford adalah lembaga internasional, yang mendaftarkan siswa dari seluruh 50 negara bagian AS dan 91 negara lainnya.

Pada KTT Kewirausahaan Global 2016, yang dipandu oleh Stanford, Presiden Barack Obama memuji universitas sebagai “tempat yang merayakan kemampuan kita sebagai manusia untuk menemukan dan belajar dan membangun, mempertanyakan, membayangkan kembali, menciptakan cara-cara baru untuk terhubung dan bekerja. satu sama lain. "

Stanford juga ditempatkan pada peringkat 3 di dunia untuk universitas penelitian terbaik oleh Academic Ranking of World Universities (ARWU) tahun 2010.

Pemeringkat lainnya, Times Higher Education World University Rankings, menempatkan Stanford di posisi ke-4 dunia sebagai universitas penelitian terbaik tahun 2010.


Baca juga artikel terkait UNIVERSITAS TERBAIK DUNIA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH