Profil Timnas Iran di Piala Dunia 2018 Rusia

Penulis: Agung DH, tirto.id - 5 Jun 2018 18:59 WIB
Timnas Iran harus bersaing dengan dua tim kuat asal Eropa, Spanyol dan Portugal, di babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2018.
tirto.id - Tim nasional (Timnas) sepakbola Iran berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola Republik Islam Iran (IRIFF) atau Federasi Sepak Bola Republik Islam Iran. Tim berjuluk Tim Melli pertama kali menjuarai Piala Asia pada tahun 1968.

Dua gelaran Piala Asia selanjutnya pada tahun 1972 dan 1976 juga diraih oleh Iran. Iran cukup kuat di Asia. Terbukti dia telah tampil dalam hampir semua gelaran kompetisi terutama dari Asia.

Namun, pada Piala Asia 2015, Iran hanya mampu bertahan hingga perempat final. Sedangkan capaian terbaiknya dalam ajang Olimpiade yaitu pada tahun 1976 dengan pencapaian perempat final.



Negara yang melahirkan semacam Ali Daei ini untuk pertama kalinya masuk Piala Dunia pada tahun 1978. Kala itu Iran lolos setelah Australia dalam babak kualifikasi. Namun, Iran hanya mampu mengatasi kekalahan dari Peru dan Belanda.

Selang beberapa tahun Iran kembali lolos ke Piala Dunia 1998 dan 2014. Pada Piala Dunia 2018, Iran kembali lolos untuk tampil di ajang empat minggu sekali. Di bawah asuhan Carlos Queirz, Iran berada di grup B bersama Portugal, Spanyol dan Maroko.



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH

DarkLight